Minggu, 15 Jul 2018 16:10 WIB

Pentingnya Konsumsi Air Kelapa Bagi Atlet

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Kini olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini dibuktikan dari banyaknya ragam jenis olahraga yang berkembang di Indonesia. Komunitas olahraga pun terus bermunculan yang membuat Indonesia kini memiliki banyak atlet berkualitas.

Kemajuan olahraga juga makin didukung dengan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pada kesempatan inilah, Indonesia bisa menunjukkan kualitas terbaik atletnya.


Selain terus latihan dan istirahat yang cukup, para atlet juga harus memperhatikan asupan hariannya demi menampilkan kemampuan terbaik. Para atlet dituntut memenuhi asupan gizi dengan tepat, seperti mencukupi kebutuhan energi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Di samping memenuhi kebutuhan asupan tersebut, para atlet juga dianjurkan untuk meminum air kelapa demi mengganti cairan tubuh yang berkurang karena olahraga. Air kelapa murni juga bisa menjadi minuman isotonic alami untuk dikonsumsi usai berolahraga.


Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi air kelapa murni lebih aman. Dilansir dari Health, air kelapa mengandung elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh sehingga bisa merehidrasi tubuh dan mengganti cairan setelah olahraga atau beraktivitas berat. Tak hanya itu, air kelapa mengandung kalsium, magnesium dan potassium yang meningkatkan sirkulasi darah.

Air kelapa juga mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan elektrolit yang mudah diserap tubuh. Dibanding minuman berenergi, air kelapa mengandung lebih sedikit kalori dan natrium serta lebih banyak potasium. Hydro Coco bisa menjadi pilihan minuman air kelapa asli yang sehat karena dibuat tanpa pemanis serta pengawet buatan. (ega/up)
News Feed