Senin, 16 Jul 2018 16:45 WIB

Sering Melihat Bintik Putih 'Mengambang' di Mata? Ini Alasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat kamu memandang langit, tiba-tiba merasa ada sesuatu berbintik yang mengganggu pandanganmu. Saat mencoba menguceknya tapi tidak juga hilang, bahkan ketika kamu mencoba ingin melihatnya bintik itu juga ikutan 'kabur'. Jangan panik dulu!

Bintik tersebut bernama floaters. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari bintik hitam, garis atau jaring laba-laba yang ikut bergerak bersamaan dengan mata.

"Kebanyakan floater timbul karena usia, disebabkan oleh substansi mirip jeli bernama vitreous yang berada dalam mata menjadi lebih cair. Serat mikroskopik dalam vitreous cenderung menggumpal dan dapat membentuk bayangan kecil di retina. Bayangan itulah yang kita sebut dengan floaters," demikian dilaporkan situs Mayo Clinic.


Umumnya floaters tidak membahayakan dan bukan pertanda akan suatu kondisi kesehatan yang serius. Kecuali jika tiba-tiba jumlahnya bertambah banyak, terutama jika dibarengi dengan kilasan cahaya, maka kamu harus segera memeriksakannya ke dokter karena kemungkinan gejala dari kondisi kronis.

Misalnya seperti retina robek atau ablasi retina, yang merupakan kondisi penglihatan yang cukup membahayakan dan butuh penanganan segera. Berikut beberapa faktor risiko timbulnya floaters:

1. Berusia di atas 50 tahun
2. Mengalami rabun jauh (miopi)
3. Trauma pada mata
4. Komplikasi dari operasi katarak
5. Diabetic retinopathy (komplikasi diabetes yang menyerang mata)

Secara umum, timbulnya floaters tidak memerlukan penanganan khusus jika bukan disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Mungkin pada awalnya tidak akan nyaman, namun catat bahwa floaters tersebut tidak akan menimbulkan masalah lain.

Dalam kasus yang cukup langka saat floaters mengganggu penglihatan, biasanya tindakan yang akan dilakukan adalah operasi untuk mengangkat vitreous (vitrektomi) atau menggunakan laser untuk menghancurkan floaters tersebut.

(frp/up)
News Feed