Selasa, 17 Jul 2018 19:03 WIB

Sering Sembelit? Jangan Lagi Konsumsi 6 Makanan Ini

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sembelit bisa disebabkan karena makanan. Foto: Getty Images Sembelit bisa disebabkan karena makanan. Foto: Getty Images
Jakarta - Susah buang air besar (BAB) atau sembelit tentunya tidak menyenangkan. Perut terasa sakit dan mulas tapi tidak ada kotoran yang keluar.

Sering sembelit? Saatnya mengganti menu diet kamu. Pola makan yang tidak tepat merupakan penyebab utama seseorang mengalami kesulitan buang air besar.

Lalu makanan apa saja yang harus dihindari agar tidak gampang sembelit? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 makanan yang sering bikin kamu susah BAB.



1. Daging merah

Daging merah, terutama yang tidak dimasak dengan matang, rentan menyebabkan sembelit. Hal ini dikarenakan daging merah tinggi kandungan lemak dan protein, membuatnya sulit dicerna oleh usus.

Daging merah bisa membuat susah BAB.Daging merah bisa membuat susah BAB. Foto: iStock

2. Pisang muda

Pisang muda atau mentah sulit dicerna usus karena kandungan patinya. Di sisi lain, pisang matang justru baik dikonsumsi saat sembelit karena membantu memperlancar kerja usus.

3. Kopi dan alkohol

Kopi dan minimal beralkohol sama-sama memiliki sifat diuretik alias membuat kamu lebih mudah buang air kecil. Akibatnya, tubuh rentan dehidrasi yang membuat makanan yang ada di usus sulit terdorong ke usus besar.

4. Produk susu

Produk susu seperti susu, keju, yogurt, dan es krim mengandung laktosa yang bisa membuat perut kembung karena kelebihan gas. Kelebihan gas membuat kerja usus terhambat dan sulit dicerna.

Produk susu bisa membuat susah BAB.Produk susu bisa membuat susah BAB. Foto: ilustrasi/thinkstock


5. Junk food

Junk food dan makanan cepat saji tinggi kandungan lemak namun rendah serat. Sama seperti daging, makanan tinggi lemak sulit dicerna usus sehingga rentan menyebabkan sembelit.

6. Makanan olahan

Makanan beku dan makanan olahan tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik, dan biasanya tinggi kandungan garam. Garam menyerap air dengan cepat, membuat kerja usus dan saluran cerna terhambat.

(mrs/up)
News Feed