Rabu, 18 Jul 2018 09:20 WIB

Belajar Cara Cuci Tangan yang Benar Biar Nggak Asal-asalan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Saat enam siswi Sekolah Dasar Negeri 1 Limboto memperagakan gerakan cuci tangan yang benar. Foto: Suherni/detikHealth Saat enam siswi Sekolah Dasar Negeri 1 Limboto memperagakan gerakan cuci tangan yang benar. Foto: Suherni/detikHealth
Gorontalo - Membiasakan hidup bersih dan sehat pada anak-anak memang tidaklah mudah, pastinya diperlukan kesabaran dan juga ketelatenan. Tapi, demi terhindar dari penyakit, maka anak harus dibiasakan hidup bersih dan sehat sedini mungkin.

Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang patut diajarkan sedini mungkin adalah kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun. Ya, rupanya kebiasaan mencuci tangan ini sudah menjadi budaya di keseharian para siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Limboto, Kecamatan Limboto, Provinsi Gorontalo.

"Iya, dikasih tahu soal kesehatan," teriak enam siswi kelas empat SD (sekolah dasar) ini saat sedang ngobrol santai dengan detikHealth.



"Sebelum makan harus mencuci tangan terlebih dahulu. Terus gosok gigi sesudah makan," sahut siswi lainnya.

Mencuci tangan, kata mereka, bukan hanya hendak makan saja. Setelah melakukan kegiatan pun, misal berolahraga, bermain, memegang uang atau hal kecil seperti memegang gagang pintu, tak lupa mereka lakukan juga.

Alhasil, yang semula mereka kerap mengabaikan kebersihan diri, kini terbawa bahkan tak pernah ketinggalan untuk mempraktikkan kebiasaan sehat ini di dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah.

"Masih belum membiasakan diri untuk menjaga kebersihan tubuh. Tapi sekarang, selesai melakukan kegiatan cuci tangan, tidak langsung makan," jawab salah satu di antara mereka, Thira.

(hrn/up)
News Feed