Rabu, 18 Jul 2018 11:05 WIB

5 Asupan yang Perlu Kamu Batasi Agar Tak Kena Batu Ginjal

Christantio Utama - detikHealth
Kristal-kristal mineral yang mengendap di ginjal. Foto: Thinkstock/ilustrasi Kristal-kristal mineral yang mengendap di ginjal. Foto: Thinkstock/ilustrasi
Jakarta - Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke dan diabetes. Namun ada satu penyakit yang kerap terabaikan, tetapi juga bisa menyerang ketika pola makan kamu berantakan.

Batu ginjal adalah salah satunya. Berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu akan memicu penumpukan kristal-kristal mineral yang mengendap di ginjal, lalu membatu dan mengganggu fungsi ginjal sebagai penyaring darah.

Lalu apa saja bahan makanan yang bisa menyebabkan batu ginjal? Berikut ini detikHealth merangkumnya untuk kamu.



1. Garam
Di hampir setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari pasti ada garam sebagai penyedap rasa. Kadar sodium dan asam amino bisa menyebabkan batu ginjal di saluran pembuangan manusia.

Sebaiknya batasi konsumsi garam maksimal 2,3 gram setiap harinya agar terhindar dari penyakit batu ginjal. Tapi bagi yang pernah mengalami batu ginjal sebelumnya batasi hingga 1,5 gram saja.

2. Gula
Makanan atau minuman manis yang mengandung banyak gula berpotensi menyebabkan batu ginjal. Konsumsi gula yang tinggi dapat memicu urine kamu berubah jadi kalsium yang akan menjadi batu ginjal nantinya.

3. Protein
Protein memang terkenal baik untuk tubuh untuk regenerasi sel dalam tubuh, namun konsumsi protein yang berlebihan dapat memicu batu ginjal. Hampir sama seperti gula, protein dapat menghasilkan kalsium yang berlebihan untuk tubuh. Batasi makanan yang tinggi protein seperti ikan, telur, ayam dan daging sapi.

4. Oxalate
Mungkin Kamu jarang mendengan zat oxalate ini, oxalate adalah zat yang sering ditemukan pada bahan makanan seperti kacang merah, kentang manis, beri dan kedelai. Zat ini dapat menyebabkan terbentuknya zat kristal dalam saluran pembuangan manusia.

5. Cola
Cola selain mengandung banyak gula yang bisa menyebabkan batu ginjal, ternyata juga ada zat bernama fosfat yang bisa berubah menjadi kalsium. Jadi resiko yang didapatkan jika mengonsumsi cola berlipat 2 kali, dari gula dan fosfat.




Tonton juga 'Biaya Pengobatan Mahal, Sayangilah Ginjal Anda':

[Gambas:Video 20detik]


5 Asupan yang Perlu Kamu Batasi Agar Tak Kena Batu Ginjal
(up/up)