Kamis, 19 Jul 2018 18:21 WIB

Main Ponsel Bikin Mata Sembab? Dokter: Kemungkinan Karena Infeksi atau Alergi

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi main mobile legends. Foto: dok. Tri Ilustrasi main mobile legends. Foto: dok. Tri
Jakarta - Akun Facebook AaDeden dalam sebuah unggahan yang viral mengaku berakhir dengan mata sembab setelah sering bergadang main Mobile Legend di ponsel. Ia mengeluh memiliki mata yang terasa gatal, perih, panas, dan berat berair bila dipejamkan.

"Ok ini saya jadi korban Radiasi Hp y jujur saya suka begadang&Hiburan Main MobaileLegend &dll nya saya tidak tahu bahwa efek nya on trs layar Hp dan main game akan separah ini," tulisnya.

Terkait hal tersebut spesialis mata dr Elvioza, SpM(K), dari Jakarta Eye Center (JEC) mengatakan kemungkinan apa yang dialami AaDeden bukan masalah radiasi. Orang yang berlama-lama di depan layar biasanya akan mengalami masalah mata computer vision syndrome dengan gejala mata lelah dan kering.

"Memang kalau melihat komputer atau main ponsel frekukensi mengedip akan berkurang 25-30 persen jadi matanya agak kering. Kalau sampai bengkak merah meradang itu enggak mungkin. Bisa ada penyebab lain," ujarnya ketika dihubungi detikHealth pada Kamis (19/7/2018).

Hal yang sama juga diutarakan oleh spesialis mata lainnya, dr Zeiras Eka Djamal, SpM. Menurut dr Zeiras bermain gawai terlalu lama memang bisa menyebabkan mata berair, merah ataupun buram namun tidak akan sampai bengkak.

Ada kemungkinan AaDeden mengalami masalah lain seperti misalnya infeksi atau alergi yang memang bisa membuat peradangan pada mata.

"Hoax sih itu. Main gadget jangka panjang bisa bikin mata lelah, berair, merah ataupun buram tapi tidak membuat mata bengkak seperti itu. Bisa karena infeksi ataupun alergi," papar dr Zeiras.

(fds/up)
News Feed