Jumat, 20 Jul 2018 07:05 WIB

Lagi, Pria Meninggal karena Infeksi Bakteri Setelah Makan Kerang Mentah

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Pria di Amerika Serikat meninggal setelah makan kerang mentah karena infeksi bakteri. Foto: iStock/ilustrasi Pria di Amerika Serikat meninggal setelah makan kerang mentah karena infeksi bakteri. Foto: iStock/ilustrasi
Jakarta - Seorang pria di Amerika Serikat meninggal setelah makan kerang mentah. Pria tersebut diketahui terinfeksi bakteri Vibrio vulnificus yang memang diketahui lazim ditemukan pada kerang.

Celakanya, pria tersebut makan kerang yang dipesannya dari restoran. Hal ini bukan pertama kali terjadi di Amerika Serikat, setelah di awal tahun seorang wanita mengalami kematian akibat sebab yang sama.


Saksikan juga video 'Dampak Serius Pipis di Kolam Renang':

[Gambas:Video 20detik]



Dinas Kesehatan Sarasota County menyebut pria tersebut mengalami diare, nyeri perut, dan demam tinggi sehari setelah makan kerang, dan meninggal dunia keesokan harinya.

"Bakteri V. vulnificus biasa ditemukan pada makanan-makanan laut mentah seperti kerang dan ikan. Kami menganjurkan agar makanan tersebut tidak dikonsumsi di musim panas, mengingat kepekaan bakteri terhadap cuaca," tulis dinas kesehatan dalam laporannya, dikutip dari Daily Mail.

Vibrio vulnificus sendiri lazim ditemukan pada makanan laut. Data dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebut infeksi bakteri ini membunuh sekitar 100 orang tiap tahunnya di Amerika Serikat.

Vibrio vulnificus sendiri kerap disebut sebagai bakteri pemakan daging, namun kurang tepat. Alasannya, Vibrio vulnificus hanya bisa menginfeksi orang-orang jika masuk ke dalam tubuh lewat makanan, berbeda dengan bakteri pemakan daging yang bisa masuk lewat luka.

Lagi, Pria Meninggal karena Infeksi Bakteri Setelah Makan Kerang Mentah
(mrs/up)