Kamis, 26 Jul 2018 13:43 WIB

Coba Cek Kukumu, Kalau Ada Perubahan Ini Tandanya Ada yang Nggak Beres

Widiya Wiyanti - detikHealth
Perubahan pada kuku ternyata bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Foto: Getty Images
Jakarta - Beberapa organ tubuh kita bisa memperlihatkan adanya masalah yang terjadi di tubuh, salah satunya kuku. Ternyata kuku sangat erat kaitannya dengan seberapa baik fungsi tubuh.

"Untuk populasi umum, kesehatan kuku paling sering merupakan indikator asupan gizi yang buruk atau pencernaan yang buruk," kata dr Sara Norris, dokter naturopati dari di Los Angeles dikutip dari Health Line.

Kuku yang dianggap sehat adalah kuku yang halus tanpa perubahan warna, tetapi jika ada sesuatu yang salah dengan tekstur dan warna kukumu, bisa saja terjadi masalah pada tubuh.



1. Kuning

Biasanya kuku bisa berubah menjadi warna kuning, tapi bukan karena kunyit ya. Percaya atau tidak, kuku yang berubah menjadi kuning bisa jadi merupakan indikasi adanya infeksi atau reaksi pada produk yang digunakan, misalnya cat kuku.

Agar infeksi tidak semakin parah, sebaiknya minum multivitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Garis-garis hitam

Kadang di kuku muncul garis-garis hitam yang kita tidak tahu dari mana asalnya. Penyebabnya mungkin adalah trauma di kuku yang mungkin disebabkan adanya benturan dengan keras yang tidak kita sadari. Garis-garis hitam itu adalah hasil dari peradangan pembuluh darah di bawah kuku dan akan hilang dengan sendirinya seiring waktu.

3. Bintik-bintik putih

Siapa yang masih percaya kalau ada bintik putih di kuku tangan kanan tandanya ada yang suka kita? Atau kuku tangan kiri tandanya ada yang benci kita. Itu hanya hoax belaka.

Padahal bintik-bintik putih itu menandakan bahwa tubuh kekurangan zat seng. Namun ada kemungkinan lain yang bisa ditandai dengan bintik-bintik putih di kuku, yaitu reaksi alergi, infeksi, atau cedera pada kuku.

4. Tidak ada kuku putih di ujung

Hampir semua orang di bagian ujung kuku yang tidak menempel dengan daging itu berwarna putih. Nah kalau kamu tidak menemukannya di ujung kukumu pun sebenarnya tidak masalah.

Tapi, jika sebelumnya ada namun perlahan-lahan menghilang, berarti ada yang tidak beres. Mungkin saja disebabkan karena adanya malnutrisi, depresi, atau anemia.



Tonton juga video: 'Cat Kuku dan Maskara Ini Seharga Mobil dan Rumah Mewah'

[Gambas:Video 20detik]




(wdw/up)