Kamis, 26 Jul 2018 20:05 WIB

Rahasia Menlu Retno Marsudi Tetap Cool Saat Dilanda Stres

Sudrajat - detikHealth
Aroma pandan dan sedap malam bisa menentramkan dan bikin relaks Menlu Retno Marsudi/Foto: Ari Saputra Aroma pandan dan sedap malam bisa menentramkan dan bikin relaks Menlu Retno Marsudi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Daun pandan tak cuma bermanfaat sebagai pewangi masakan, tapi aromanya juga dipercaya berkhasiat bisa mengurangi stres.

Semilir aroma daun pandan langsung menyergap hidung begitu memasuki lantai dua tempat Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari (LP) Marsudi bekerja. Aroma wangi alami lainnya yang terasa segar adalah bunga sedap malam. Dua aroma wewangian alami itu akan selalu ada selama Retno berkantor di Jakarta.

"Aroma pandan dan sedap malam itu bagi saya bisa menentramkan, membikin relaks," kata perempuan kelahiran Semarang, 27 November 1962 itu usai wawancara khusus dengan tim blak blakan detik.com, Rabu (15/7/2018).

Irisan daun pandan dalam sebuah wadah ditempatkan Retno di sejumlah sudut ruang kerjanya. Begitu juga dengan bunga sedap malam. Tapi bila sedang tugas ke luar negeri dan tentu sulit menemukan daun pandan dan bunga sedap malam, dia akan menggantinya dengan bunga jenis lain.

"Ya, saya pasang bunga apa saja yang ada karena ternyata bunga berguna untuk memberi saya kenyamanan," ujarnya.



Bila beban pekerjaan demikian padat dan benar-benar membuat pikiran tegang, ada satu lagi yang dilakukan Retno untuk meredakannya. Dia biasa duduk di kursi malas sambil menikmati alunan musik gending jawa (klenengan).

"Kalau di ruang kerja terdengar klenengan (musik dari gending Jawa), itu artinya saya sedang stres," kata istri dari Agus Marsudi itu diiringi tawa kecil.


Tonton juga video: 'Blak-blakan Menlu Retno, Kiprah RI Damaikan Dunia'

[Gambas:Video 20detik]

(jat/up)
News Feed