Minggu, 29 Jul 2018 20:35 WIB

Kisah Haji Boy, Puluhan Tahun Kecanduan Rokok dan Akhirnya Berhenti

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Haji Boy mengaku sudah kenal rokok sejak masih di bangku SMP (Foto: Aisyah/detikHealth) Haji Boy mengaku sudah kenal rokok sejak masih di bangku SMP (Foto: Aisyah/detikHealth)
Jakarta - Berhenti untuk merokok sering kali masuk dalam daftar resolusi sehat orang setiap tahunnya. Tapi jarang orang yang berhasil lepas dari jeratnya dan kembali lagi merokok.

Tapi lain hal Joni O M O Talan (57), salah seorang warga di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, yang membagikan kisahnya kepada detikHealth. Bayangkan, ia merokok sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

Bila dulu seharinya bisa sampai dua bungkus, Joni yang akrab dipanggil Haji Boy oleh tetangganya kini justru berhenti secara total. Ia meyakini, rasa rokok akan kembali tidak nikmat ketika seseorang stop merokok.

"Sudah 20 tahun yang lalu (berhentinya). Harus dibarengin niat. Saya berhenti pas bulan puasa diniatin. Tidak langsung tapi dikurangi, langsung rasanya (rokok) enggak enak. Udah, saya enggak akan sentuh," tekadnya.

Awalnya tentu tidak mudah, apalagi bila sedang kumpul bersama teman-teman yang mengajak merokok. Meski tangan ingin sekali memegang rokok dan mengisapnya, niatnya membantunya untuk bertahan. Bila temannya memberinya rokok, ia hanya mengambil rokoknya tapi tidak menyalakannya.

"Kalau ditanya 'kenapa enggak dinyalain?' saya jawab 'saya menghargai pemberian, tapi saya tidak merokok',"



Sebagai mantan perokok, ia tahu betul bahwa sebenarnya perokok tahu barang yang ia hisap adalah barang berbahaya dan mematikan. Akan tetapi, efek kecanduannya yang membuat orang rela membeli lagi dan lagi, sekalipun harga sudah dinaikkan, sekalipun dampak yang dirasakan pada aktivitas sehari-hari memang merugikan.

"Merokok itu memang enggak enak efeknya, di bagian ini (menunjuk area dada), panas rasanya habis merokok. Naik tangga gampang capeknya. Emang parah kok rokok, saya yang ngerasa," tutur Haji Boy.

Karena berhasil lepas dari kecanduan rokok, Haji Boy kerap jadi tempat curhat tetangganya yang juga ingin berhenti merokok.

Nah, Haji Boy saja bisa berhenti merokok sejak 20 tahun silam, kamu mau kapan?

(ask/up)