Selasa, 31 Jul 2018 14:09 WIB

Pertama Kalinya, Uji Coba Stem Cell Pada Manusia untuk Obati Parkinson

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ilmuwan Jepang akan menjadi yang pertama di dunia melakukan uji coba stem cell pada manusia untuk mengobati Parkinson. Foto: thinkstock Ilmuwan Jepang akan menjadi yang pertama di dunia melakukan uji coba stem cell pada manusia untuk mengobati Parkinson. Foto: thinkstock
Jakarta - Pengobatan dengan metode stem cell memasuki babak baru. Ilmuwan Jepang akan menjadi yang pertama di dunia melakukan uji coba stem cellkapada manusia untuk mengobatiParkinson.
Para ilmuwan dari Kyoto University berencana menyuntikkan lima juta sel Pluripotent Stem (iPS) ke otak pasien. Sel iPS merupakan sel induk yang nantinya bisa berubah menjadi sel-sel apapun yang dibutuhkan oleh tubuh.
Harapannya, sel iPS mampu merangsang pembentukan sel pembentu dopamin. Tidak adanya dopamin di otak merupakan salah satu indikasi penyakit Parkinson pada seseorang.
"Uji coba stem cell kepada manusia ini adalah yang pertama di dunia untuk Parkinson, setelah uji coba pada hewan menunjukkan hasil yang positif," ujar peneliti dalam keterangannya, dikutip dari Channel News Asia.
Uji coba akan dilakukan kepada 7 partisipan berusia 50 sampai 69 tahun. Setelah penyuntikan dilakukan, para peneliti akan memantau kondisi pasien selama 2 tahun.
Dalam uji coba kepada hewan sebelumnya, para monyet yang dijadikan subjek mengalami peningkatan aktivitas dan pergerakan. Peneliti juga memastikan sel iPS yang disuntikkan tidak akan berubah menjadi sel kanker dan tumor.
Parkinson merupakan penyakit saraf kronis yang menyerang sistem saraf motorik. Pasien Parkinson biasa mengalami kejang-kejang dan tubuh bergetar yang diiringi kesulitan bergerak dan beraktivitas.


(mrs/up)