Rabu, 01 Agu 2018 11:10 WIB

Laporan dari Denmark

Pantang Stres di Negara Paling Bahagia Sedunia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth
Kopenhagen - Tak heran jika Denmark selalu masuk deretan negara paling bahagia sedunia. Berkunjung ke Kopenhagen, ibukota negara tersebut, rasanya nyaris tak ada alasan untuk stres.

Seperti kota-kota di Eropa pada umumnya, Kopenhagen juga dipenuhi bangunan-bangunan dengan arsitektur cantik yang memanjakan mata. Tetapi yang paling menyenangkan adalah tidak banyak kemacetan karena memang tidak banyak warga yang menggunakan kendaraan bermotor untuk keperluan sehari-hari.

Kopenhagen terkenal ramah bagi pesepeda. Di beberapa tempat mudah sekali ditemukan jalur khusus sepeda, yang konon panjang totalnya mencapai 350 km. Dijamin, di kota ini pesepeda tidak perlu berebut jalan dengan bus kota.

Pantang Stres di Negara Paling Bahagia SeduniaJalur khusus yang steril sepanjang 350 km sangat memanjakan para pesepeda di Kopenhagen. Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth

Bersepeda bagi warga Kopenhagen tidak hanya untuk olahraga, tetapi untuk keperluan sehari-hari. Maka tak heran jika sepanjang hari mudah sekali ditemukan pesepeda dengan setelan rapi, bahkan pakai jas.

Di sini, bukan cuma sepeda lipat yang bisa masuk kereta. Sepeda apapun, seperti halnya kereta bayi dan kursi roda, punya tempat khusus di kereta.Di sini, bukan cuma sepeda lipat yang bisa masuk kereta. Sepeda apapun, seperti halnya kereta bayi dan kursi roda, punya tempat khusus di kereta. Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth

Selain karena ada jalurnya, kondisi geografis kota Kopenhagen memang tidak banyak memiliki tanjakan. Rata dan halus, siapa sih yang tidak tergoda untuk ikutan gowes?

Begitupun untuk pejalan kaki, pedestrian di kota ini sangat tertata rapi dan pastinya steril dari kendaraan bermotor. Tidak cukup hanya jalan kaki? Buat yang suka joging, di beberapa sudut ada rekomendasi rute joging sesuai jarak yang diinginkan. Ingin 2km, 7km, atau 13 km?

Banyak sekali rute joging yang menjadi favorit warga Kopenhagen. Ada yang menyusuri tepian kanal, melintasi taman-taman, atau menuju pusat kota.Banyak sekali rute joging yang menjadi favorit warga Kopenhagen. Ada yang menyusuri tepian kanal, melintasi taman-taman, atau menuju pusat kota. Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth

Bahkan bagi para turis, layanan tur berlari juga cukup populer di Kopenhagen. Tinggal pilih rute sesuai jarak dan tema yang ditawarkan, seorang pemandu akan menemani berlari melewati objek-objek wisata favorit di tempat ini.

Nggak suka olahraga? Nggak masalah, karena bahagia itu sederhana, termasuk bagi sebagian warga Kopenhagen yang di musim panas ini gemar sekali nongkrong di tepi kali. Tak ada pantai, berjemur di tepi kali pun jadi.

Musim panas tahun ini terbilang lebih panas dari biasanya. Warga memanfaatkannya untuk berjemur di sepanjang tepian kanal.Musim panas tahun ini terbilang lebih panas dari biasanya. Warga memanfaatkannya untuk berjemur di sepanjang tepian kanal. Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth



Simak Juga: Wanita Cadar di Denmark, Melawan Peraturan, Mempertahankan Hak

[Gambas:Video 20detik]


Pantang Stres di Negara Paling Bahagia Sedunia
(up/up)