Jumat, 03 Agu 2018 09:20 WIB

Tingkatkan Stamina Tubuh Demi Sambut Asian Games 2018

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Semangat pergelaran olahraga akbar Asian Games 2018 makin berkobar di minggu pertama acara ini diselenggarakan. Tak hanya para atlet yang menyiapkan kemampuan terbaiknya, masyarakat Indonesia juga menyemarakkan Asian Games 2018 dengan memberikan dukungan langsung kepada timnas.

Agar tidak merasa mudah lelah saat mendukung atlet nasional saat Asian Games 2018, jaga stamina walaupun aktivitas sedang padat-padatnya. Medical Officer of PT. Kalbe Farma, dr Anggi Citra Putri, memberikan tips kepada detikHealth agar tubuh tidak gampang lelah dan tetap berstamina.

Pertama, pastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi dengan baik. dr Anggi mengungkapkan nutrisi yang paling sering terlewat sehari-hari adalah buah dan sayur.

"Padahal buah dan sayur adalah elemen gizi yang penting karena sumber serat, vitamin, dan mineral. Konsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayur sehari. Kekurangan asupan vitamin dan mineral dua porsi dapat membuat tubuh lebih mudah lelah karena keduanya zat yang berperan mengatur berbagai metabolisme dalam tubuh kita," jelasnya.


Jika asupan sayur dan buah tidak bisa terpenuhi, konsumsi lah suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan atau mineral.

Kedua, lakukan aktivitas fisik selama 30 menit sehari karena dapat menghindari diri dari berbagai penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi. Ketiga, istirahat yang cukup.

"Kurang istirahat dapat membuat tubuh terasa mudah lelah. Hal ini dikarenakan istirahat memberikan waktu untuk tubuh mengembalikan kelelahan di hari sebelumnya," katanya.

Terakhir, kendalikan stres karena stres berkepanjangan dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat merusak metabolisme serta meningkatkan risiko penyakit kronis.

Selain itu, konsumsi suplemen Fatigon Spirit sebelum beraktivitas. Kandungan L-Carnitine bisa membakar lemak yang tidak berguna menjadi energi. Kandungan nano ginseng juga dibuat dua kali lebih cepat diserap sehingga tubuh bisa lebih berstamina.

(idr/idr)