Jumat, 03 Agu 2018 11:34 WIB

5 Tanda Lukamu Terinfeksi Bakteri Pemakan Daging

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Gus Charles, salah satu korban dari bakteri pemakan daging di Australia. Foto: Medical Journal Australia Gus Charles, salah satu korban dari bakteri pemakan daging di Australia. Foto: Medical Journal Australia
Jakarta - Kasus bakteri pemakan daging sedang merebak di beberapa negara dan dikhawatirkan akan menyebar dengan cepat. Bakteri ini menyebabkan infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat yang berakhir dengan amputasi atau bahkan kematian.

Secara medis kondisi tersebut dinamakan dengan necrotizing faciitis. Bagi orang yang terinfeksi bakteri, kulit dan jaringan ototnya akan cepat sekali rusak hingga membutuhkan penanganan secepatnya.

"Ada beberapa bakteri yang dapat menyebabkan necrotizing fasciitis, termasuk grup A Streptococcus, Klebsiella, Clostridium, Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Biasanya orang terinfeksi saat bakteri masuk ke dalam tubuh lewat jaringan terbuka di kulit, seperti luka dan lecet, luka bakar dan luka operasi," demikian dilaporkan oleh situs Pusat Kendali dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Jika sedang ada luka di kulitmu, pastikan tidak ada 5 tanda bakteri pemakan daging seperti berikut:

(frp/fds)
News Feed