Senin, 06 Agu 2018 07:40 WIB

Paru-paru Organik Buatan Berhasil Ditransplantasi ke Babi

Firdaus Anwar - detikHealth
Paru-paru buatan berhasil ditransplantasi ke babi. Foto: Prof Joaquin Cortiella Paru-paru buatan berhasil ditransplantasi ke babi. Foto: Prof Joaquin Cortiella
Jakarta - Untuk mengatasi masalah keterbatasan donor di dunia para peneliti berusaha mengembangkan teknik-teknik yang mungkin bisa menyelamatkan pasien. Salah satunya seperti menumbuhkan organ sendiri di laboratorium seperti yang dilakukan peneliti dari Amerika Serikat.

Paru-paru buatan tersebut dibuat dari sel punca babi yang ditumbuhkan dalam tabung di laboratorium. Pelan tapi pasti, sel demi sel tersusun terbentuk paru-paru hingga sekitar 30 hari akhirnya siap ditransplantasikan.


Paru-paru organik buatan berhasil ditransplantasi ke babi.Paru-paru organik buatan berhasil ditransplantasi ke babi. Foto: Prof Joaquin Cortiella

Prof Joaquin Cortiella dari University of Texas Medical Branch menjelaskan bahwa penelitian mereka melangkah lebih jauh ketika berhasil mencangkok paru-paru buatan organik ke babi yang masih hidup. Tidak ada penolakan dari tubuh sang babi dan bakteri-bakteri kunci dapat tumbuh subur.

"Kami berhasil membuat pembuluh darah berkembang jauh lebih baik di paru-paru... Dan berhasil mencangkoknya pada hewan besar," ungkap Prof Joaquin, Minggu (5/8/2018).

Menurut peneliti kunci kesuksesan mereka adalah ditambahkannya molekul perangsang pertumbuhan sel saat membuat paru-paru. Molekul tersebut memastikan tiap sel bisa tumbuh jadi berbeda-beda.

"Mungkin sekitar 5-10 tahun lagi orang-orang bisa memiliki cangkok paru organik buatan," komentar peneliti lainnya Professor Joan Nichols.





Tonton juga 'Masih Belia, Bocah Ini Jalani Transplantasi Organ':

[Gambas:Video 20detik]



Paru-paru Organik Buatan Berhasil Ditransplantasi ke Babi
(fds/up)