Rabu, 08 Agu 2018 14:02 WIB

Heboh Awkarin Endorse Pembesar Payudara, Dokter: Itu Ilegal

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Internet
Jakarta - Selebgram Awkarin tuai banjiran protes dari warganet usai mengunggah endorse obat suntik pembesar payudara dan pengencang vagina online yang disebutnya 100 persen aman. Salah satu akun Twitter bernama @sucasn mencuit bahwa tindakan Awkarin tersebut bisa salah kaprah karena seharusnya obat-obatan tidak dijual bebas.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), dr Irena Sakura Rini, MARS, SpBP-RE menyebutkan bahwa tindakan penjualan tersebut adalah ilegal.


"Penjualan alat-alat kesehatan tidak lewat fasilitas kesehatan itu illegal. Terus terang barang-barang yang dijualpun bukan barang yang legal ya," ujar dr Irena kepada detikHealth saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (8/8/2018).

dr Irena melanjutkan bahwa dalam ilmu kedokteran tidak ada yang namanya obat untuk mengencangkan payudara atau mengencangkan vagina. Menurutnya, praktek tersebut bisa jadi hanyalah menyuntikkan silikon cair yang akan menjadi padat membuat bagian tubuh yang disuntik terlihat lebih kencang.

Efek samping yang akan ditimbulkan bisa beragam, bisa jadi infeksi, tumor, atau bahkan kanker. Terkait dengan Awkarin sendiri, dr Irena menyebut tidak berhak berkomentar, namun ia menyarankan masyarakat untuk lebih pintar lagi dalam memilah informasi terutama soal kesehatan dalam dunia maya.

"Harus dipahami bahwa itu (obat-obatan) harus dibeli lewat resep dokter, atau fasilitas kesehatan yang jelas. Izin dokternya jelas. Dan urusan urusan kesehatan yang tidak jelas ini sudah marak. Nah, kita harus lebih pinter dari dulu. Dulu kan nggak ada online jualan macem-macem," tandasnya.


Awkarin Dihujat Karena Promo Pembesar Payudara Pakai Jarum Suntik, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


Heboh Awkarin Endorse Pembesar Payudara, Dokter: Itu Ilegal
(frp/up)