Selasa, 14 Agu 2018 20:03 WIB

Sedih! Larangan Merokok di Tempat-Tempat Ini Paling Sering Dilanggar

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada banyak tempat yang harus bebas asap rokok, salah satunya angkutan umum (Foto: thinkstock) Ada banyak tempat yang harus bebas asap rokok, salah satunya angkutan umum (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kepulan asap rokok seakan bersaing dengan semerawutnya asap kendaraan. Seakan tak cukup dengan polusi udara yang sudah ada, beberapa orang masih ada yang 'bandel' dengan menyalakan rokok di sembarang tempat.

dr Theresia Sandra Diah Ratih, MHA, Kepala Sub Direktorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan bahwa ada beberapa tempat yang sudah jelas gaungnya sebagai tempat kawasan bebas rokok.
Enggak boleh sama sekali itu angkutan umum, kan angkutan umum kan anak-anak enggak bisa milih. Misalnya angkot, di sini merokok emang dia pindah ke mana? Kalau enggak dia keluar angkotnya dong, kan enggak bisa,dr Theresia Sandra Diah Ratih, MHA, Kepala Sub Direktorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Ditemui di sela acara 'Peluncuran Young Health Program', Selasa (14/8/2018), di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, dr Sandra menjelaskan sekolah adalah tempat pertama di mana asap rokok dilarang.


"Kedua, tempat mengaji, tempat belajar les, tempat anak main itu berarti yang ada anak mainnya itu enggak boleh. Ketiga empat ibadah itu kan anak-anak datang ke tempat ibadah, jadi itu enggak boleh," ujarnya.

Selanjutnya adalah pelarangan merokok di fasilitas kesehatan dan yang paling sering diabaikan adalah larangan untuk mengepulkan asap rokok di dalam angkutan umum.

"Enggak boleh sama sekali itu angkutan umum, kan angkutan umum kan anak-anak enggak bisa milih. Misalnya angkot, di sini merokok emang dia pindah ke mana? Kalau enggak dia keluar angkotnya dong, kan enggak bisa."

(ask/up)
News Feed