Rabu, 15 Agu 2018 07:18 WIB

Punya Fobia Jarum Suntik? Begini Cara Menyembuhkannya

Noviani Widyaningrum - detikHealth
Fobia adalah kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu. (Foto: iStock)
Jakarta - Fobia merupakan rasa kecemasan yang berlebihan terhadap suatu objek yang tidak berbahaya. Gejala yang muncul bisa berupa rasa takut yang luar biasa yang bagi orang tidak masuk akal. Pada beberapa kasus fobia menyebabkan rasa panik yang luar biasa.

Hal ini bisa disebabkan karena adanya trauma yang pernah dialami. Namun, fobia bukan hal tidak bisa diobati, bisa dengan cara psikoterapi, farmakoterapi, dan hipnoterapi.

"Multi modalitas ya, pasti digali riwayatnya. Tergantung kondisi klinis apa yang ditemukan, apakah kondisi psikiatrik lain yang menyertai, misalnya disertai gangguan cemas. Penatalaksanaannya bisa dengan psikoterapi, farmakoterapi,dan hipnoterapi," jelas dr Yuliana Ratna Wati SpKJ, seorang psikiater dari RSAU Dr Salamun Bandung.



Simak juga video tentara takut jarum suntik di sini:

[Gambas:Video 20detik]


Sementara itu, dr Wayan SpKJ, dari RS Koja Jakarta Utara menambahkan fobia dapat diatasi dengan 2 cara yaitu, memberi obat dan terapi perilaku.

"Dikasih obat psikotrapi seperti anti cemas, kalau sudah menggangu kehidupan sehari-hari kita kasih anti depresi," ujarnya.

"Selain itu juga bisa dengan cara edukasi bahwa benda yang ditakuti itu tidak berbahaya, atau terapi prilaku," tutupnya.

(Noviani Widyaningrum/up)