Kamis, 16 Agu 2018 16:54 WIB

Mau Suntik Kolagen? Cari Tahu Dulu Penjelasannya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Sebelum memutuskan untuk melakukan suntik kolagen cari tahu dulu isinya. Foto: Thinkstock Sebelum memutuskan untuk melakukan suntik kolagen cari tahu dulu isinya. Foto: Thinkstock
Jakarta - Penawaran suntik kolagen kini tengah menjamur, sejumlah orang bahkan remaja tertarik untuk menjalankan prosedur tersebut. Dengan melakukan suntik kolagen, pasien mengharapkan kulit yang lebih halus dan kenyal setelahnya. Memangnya apa sih yang dimaksud dengan suntik kolagen?

Kalau perawatan oles seperti krim wajah saja kamu perhatikan sebaik mungkin, sesuatu yang disuntikkan ke dalam tubuh justru seharusnya membuat kamu lebih concern lagi.

"Emang kolagen bisa disuntik? Apa sih suntik kolagen?" kata dr Adhimukti T. Sampurna, SpKK, FINSDV, Chief Medical and Ancillary Services Officer di Bamed Skin Care, saat ditemui di kawasan, Cikini, Jakarta Pusat. Nah lho, ada yang bisa jawab?

"Kita sebagai educated buyer, educated consumer, kita baca dulu dari internet, dari web, atau dari orang-orang yang lebih mengerti apa yang aman apa yang enggak," ungkapnya.

Nah, jadi jangan ragu untuk menanyakan kepada dokter mengenai kandungan yang akan disuntikkan ke dalam tubuhmu. Kamu punya hak kok atas hal itu.

Kolagen tau enggak sih itu kayak apa? Itu kayak jaringan ikat, kikil sapi deh. Itu disuntik ke pembuluh darah kan enggak bisa, mati, dan dia buat ke dalam cairan untuk disuntikkan itu enggak bisa. Bentuknya itu gel ke pembuluh darah,dr Jonathan R. Subekti, SpKK

Oh ya, kembali soal suntik kolagen, kolagen yang biasanya suka disebut-sebut itu berisikan vitamin C dan antioksidan. Antioksidan yang banyak digunakan yakni thationil atau glutathione.

"Cuma kalau ditambahin kolagen murni, kalau kolagen benar ya, kolagen itu enggak bisa diserap sama dinding pembuluh darah. Jadi harusnya dia akan membentuk plak, kemudian membentuk sumbatan, bisa stroke. Tanya dulu, dok kolagen itu apa sih?" tambah dr Adhimukti.

Di samping itu, dr Jonathan R. Subekti, SpKK, menjelaskan kolagen itu bentuknya menyerupai jaringan ikat, sehingga sepertinya tidak mungkin untuk menyuntikkan kolagen murni ke dalam tubuh.

"Kolagen tau enggak sih itu kayak apa? Itu kayak jaringan ikat, kikil sapi deh. Itu disuntik ke pembuluh darah kan enggak bisa, mati, dan dia buat ke dalam cairan untuk disuntikkan itu enggak bisa. Bentuknya itu gel ke pembuluh darah," ujarnya.

"Setahu saya enggak ada (suntik kolagen murni), isinya vitamin C sama antioksidan. Tapi kan kalau jualnya kolagen lebih menjual?" tandasnya.

(ask/up)