Sabtu, 18 Agu 2018 06:57 WIB

Pegal Habis Lomba Panjat Pinang, Baiknya Mandi Air Hangat atau Dingin?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Meriahnya lomba panjat pinang. (Foto: Grandyos Zafna) Meriahnya lomba panjat pinang. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia setiap tahunnya pasti dimeriahkan dengan perlombaan-perlombaan seru dan menyenangkan, mulai dari balap karung hingga panjat pinang.

Bicara soal lomba panjat pinang yang biasanya dilakukan oleh kaum adam karena butuh kekuatan otot yang cukup berat untuk menggapai hadiah-hadiah di puncaknya, tidak jarang setelahnya muncul rasa pegal di tubuh atau bahkan lebam dan cedera.

Untuk meredakan rasa pegal tersebut, dokter spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO menyarankan untuk mandi dengan air dingin.

"Kalau pakai air hangat sedikit sih nggak apa-apa, tapi untuk membersihkan (tubuh) ya pakai air dingin," ujarnya saat dihubungi detikHealth.



Pada saat tubuh merasa sakit atau pegal, biasanya ada otot yang mengalami sobek. Jika hanya terasa hangat, sakit, dan kemerahan, dan tidak disertai benjolan atau mengalami gangguan fungsi, robekannya tidak terlalu besar, atau dalam dunia medis disebutnya strain.

Namun jika disertai dengan adanya benjolan dan gangguan fungsi, maka robekan yang dialami otot cukup besar atau disebut sprain. Kondisi ini biasanya tidak sembuh dalam waktu cepat.

"Kan ada rabor (kemerahan) dan calor (hangat), udah panas dikasih panas lagi? Nggak kan. Apalagi kalau diurut, nanti tambah panas. Makanya sehabis itu jangan diurut," saran dr Michael.

"Kalau ada bagian yang sakit, disentuh sakit, kompres pakai es. Kalau diurut robekan tadi bisa lebih luas dan akan memperburuk serta lebih lama penyembuhannya," tutupnya.



Video Tradisi Lomba Panjat Pinang dan Gebuk Guling di Kalimalang

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed