Minggu, 19 Agu 2018 19:42 WIB

Kulit Kepala Gatal? Mungkin Ketombe, Tapi Bisa Saja Psoriasis

Noviani Widyaningrum - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Rasa gatal yang berasal dari kulit kepala pastinya sangat mengganggu. Rasa gatal yang timbul biasanya disebabkan oleh ketombe yang menempel di kulit kepala. Namun, ada kalanya rasa gatal itu muncul dari kondisi medis yang disebut psoriasis.

Psoriasis adalah kondisi peradangan pada kulit, dan ini dapat saja terjadi pada kulit kepala. Psoriasis kulit kepala bisa sangat gatal dan kulit bisa kering dan berdarah. Kulit kepala yang terkelupas memang membuat tidak nyaman, serpihan kulit yang bertabur bisa terjadi karena ketombe atau psoriasis itu dua kondisi yang berbeda.

Ketombe dapat diobati dengan relatif mudah dan jarang menjadi masalah medis yang serius. Sedangkan psioriasis adalah kondisi kronis yang dialami kulit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh.



Dikutip dari Healthline, ketombe dapat muncul karena penggunaan sampo yang tidak cocok karena terlalu banyak mengandung bahan kimia. Sedangkan psoriasis berhubungan dengan sistem kekebalan yang disebut juga sebagai penyakit autoimun. Serangan terhadap sistem imun membuat proses produksi kulit jadi lebih cepat dan menciptakan pertumbuhan kulit baru yang tidak sehat yang mengakibatkan kulit menjadi tebal dan bersisik.

Rasa sangat gatal yang luar biasa melebihi gatal yang ditimbulkan oleh ketombe. Jika ketombe dapat diatasi dengan sampo anti ketombe, psoriasis dapat diatasi dengan pengobatan topikal seperti pemberian obat salep, krim, atau lotion. Namun itu hanya membuat gejala menjadi ringan, untuk sembuh sepenuhnya belum ada obatnya.


Tonton juga video: 'Wah! Obat Kumur Ternyata Bisa untuk Hilangkan Ketombe'

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)