Rabu, 22 Agu 2018 11:05 WIB

Sandiaga Uno Doyan Sate Kambing, Nggak Takut Darah Tinggi?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Mengaku doyan sate kambing, Sandiaga enggak takut darah tinggi? Foto: Ilustrasi/Indra Komara/detikcom
Jakarta - Hari Raya Idul Adha 1439H jatuh hari ini. Hidangan sate kambing dikatakan Sandiaga Uno merupakan salah satu hidangan favoritnya.

Doyan makan sate kambing, apa Sandiaga tidak takut kena darah tinggi? Sambil tertawa, Sandiaga mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan soal darah tinggi, asal sate kambing yang dimakan tidak banyak.

"Aku suka banget sate kambing, darah tinggi ya nggaklah, soalnya kan makannya moderasi," ujar Sandiaga ditemui di Gedung Transmedia, Jl Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (21/8/2018).

"Makan apapun ya selama dalam modersi sih nggak apa-apa, saya makan nggak ada pantangan," tandasnya lagi.

Makan apapun ya selama dalam modersi sih nggak apa-apa, saya makan nggak ada pantangan,Sandiaga Uno

Di sisi lain, darah tinggi dan sate kambing dikatakan beberapa pakar tidak berhubungan. Ada beragam faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah naik, dan sate kambing bukan salah satunya.

dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari RS Cipto Mangunkusumo, seperti ditulis detikHealth sebelumnya, mengatakan bahwa makan daging kambing ketika hari raya tentunya boleh-boleh saja, apalagi bagi mereka yang jarang merasakannya. Dikatakan dr Ari, yang bermasalah adalah jeroan yang biasanya juga disantap pada saat yang sama.

"Cuma memang kadang kala selain daging kita juga mengosumsi lemak hewan tersebut dan juga termasuk jeroannya seperti hati, otak, paru, usus, limpa dari hewan kurban tersebut. Jeroan ini mengandung purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat kita. Ini yang akan menjadi masalah," katanya.

(mrs/up)