Kamis, 23 Agu 2018 07:35 WIB

Bahaya! Keseringan Pakai Ponsel Bisa Bikin Anda Cepat Tua dan Keriput

Suherni Sulaeman - detikHealth
Tak dipungkiri, ponsel menjadi alat yang sangat penting bagi manusia. Tetapi sayangnya, ponsel juga berpengaruh pada kesehatan, terlebih kesehatan kulit. Foto: GettyImages/Andreas Rentz Tak dipungkiri, ponsel menjadi alat yang sangat penting bagi manusia. Tetapi sayangnya, ponsel juga berpengaruh pada kesehatan, terlebih kesehatan kulit. Foto: GettyImages/Andreas Rentz
Jakarta - Tak dipungkiri, saat ini ponsel menjadi alat yang sangat penting bagi manusia. Ponsel membuat semua jadi lebih mudah dan praktis. Belanja dan melakukan berbagai hal pun tinggal pencet ponsel saja. Tetapi sayangnya, ponsel juga berpengaruh pada kesehatan, terlebih kesehatan kulit.

Keseringan menggunakan ponsel disebut-sebut dapat membuat seseorang mengalami insomnia, bahkan baru-baru ini penggunaan ponsel bisa mempercepat kebutaan. Kini, satu lagi kerugian lain akibat terlalu lama terpapar cahaya biru dari layar ponsel terungkap. Ya, penggunaan ponsel rupanya dapat merusak kulit.

Meskipun Anda mungkin memahami bahwa efek yang bisa merusak kulit berasal dari sinar UVA dan UVB matahari, tetapi cahaya yang dipancarkan oleh ponsel serta perangkat digital lainnya juga harus Anda waspadai.

Selain mempercepat kebutaan, cahaya biru high energy visible (HEV) dari gawai, baik itu di laptop, ponsel, atau tablet bisa berbahaya untuk kolagen, asam hyaluronic, dan elastin.



Seperti dikutip dari Times of India, salah satu cara efektif untuk meminimalisir risiko ini adalah dengan menjauhi ponsel dari tempat tidur Anda semalaman. Jika memungkinkan, buatlah kamar tidur Anda menjadi zona bebas telepon seluler.

Dampak lainnya, dikatakan pula bahwa melihat layar ponsel sambil menunduk ke bawah dalam durasi yang lama bisa menyebabkan kerutan permanen di sekitar dagu dan leher. Ini terjadi karena gerakan berulang pada dagu dan juga leher selama periode waktu yang panjang sehingga bisa menyebabkan kulit mengendur.

Oleh karena itu, untuk mencegah garis-garis kulit yang melorot tersebut, dari sekarang mulailah mempertahankan posisi ponsel agar tak ke bawah.

(hrn/up)
News Feed