Kamis, 23 Agu 2018 10:30 WIB

Penampakan Kuku Menghitam Akibat Kekurangan Vitamin B12

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Bocah di India mengalami perubahan warna kuku karena kekurangan vitamin B12 (Foto: BMJ Case Reports)
Jakarta - Vitamin B12 merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan sistem saraf. Sebuah jurnal medis mengungkap tanda-tanda kekurangan nutrisi tersebut.

Jurnal BMJ Case Reports melaporkan seorang bocah di India yang mengalami perubahan warna pada kukunya, menjadi gelap kebiruan. Dokter menyebut ini adalah tanda-tanda kekurangan vitamin B12, kondisi yang kerap ditemukan pada vegan.

Bocah berusia 12 tahun tersebut datang ke dokter mengeluhkan perubahan warna kukunya. Ia mengaku tidak terpapar pewarna apapun dan tidak memiliki riwayat cedera atau trauma fisik.

Hasil pemeriksaan menunjukkan kadar vitamin B12 bocah ini hanya 0,08 ng/ml, jauh lebih rendah dari seharusnya yakni sekitar 190 ng/ml. Dokter lalu menyuntikkan vitamin B12 dosis bumper, dan dalam sebulan berikutnya warna biru di kuku si bocah memudar.



Dalam jurnal tersebut, dokter menyebut bahwa warna kebiruan pada kuku bocah ini merupakan gejala langka kekurangan vitamin B12. Kasus ini dianggap menarik karena bocah ini diketahui bukan vegan.

"Perubahan warna kuku terkait kekurangan B12 lebih sering ditemukan pada pasien dengan kulit gelap," tulis para dokter dalam jurnal ilmiah tersebut.

Vegan atau seseorang yang tidak mengonsumsi pangan hewani kerap dilaporkan mengalami kekurangan nutrisi tertentu. Salah satunya vitamin B12, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

(up/up)