Senin, 27 Agu 2018 09:34 WIB

5 Tanda Pneumonia yang Kerap Disangka Penyakit Flu

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: BSIP/UIG Via Getty Images
Jakarta - Mungkin nama pneumonia sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pneumonia adalah infeksi di unit-unit penukar gas paru-paru (alveoli) seperti dijelaskan Michael Niederman, MD, direktur klinis perawatan paru dan perawatan kritis di Weill Cornell Medical College di New York. Lebih mudahnya disebut sebagai radang paru yang terisi dengan cairan atau nanah, sehingga mengganggu pengiriman oksigen dalam tubuh.

Jenis pneumonia yang paling umum disebabkan oleh bakteri streptococcus, atau jenis bakteri yang sama yang menyebabkan radang tenggorokan. Influenza juga merupakan virus kunci yang dapat memacu pneumonia, dan jamur juga bisa menjadi penyebab.

Sementara itu, menurut dokter spesialis paru, dr Rezki Tantular SpP, gejala flu dan pneumonia tidak sama. Flu disebabkan oleh virus influenza, sementara pneumonia terjadi jika virus sudah menyerang ke parenkim paru. Pneumonia sendiri merupakan salah satu komplikasi atau lanjutan dari influenza.

"Flu gejalanya biasanya meliputi demam, tenggorokan sakit, pusing, lemas, arthralgia (sakit sendi), myalgia (sakit otot) dan batuk (biasanya tidak produktif)," ujar dr Rezki kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Jadi apa tanda-tandanya?

(ask/up)