Senin, 27 Agu 2018 12:04 WIB

Sering Terpapar Hasutan Negatif? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Jiwa

Annissa Widya Davita - detikHealth
Hasutan-hasutan negatif tidak hanya menyebar di medsos tapi juga dalam keseharian (Foto: Thinkstock) Hasutan-hasutan negatif tidak hanya menyebar di medsos tapi juga dalam keseharian (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Di tengah gegap gempita Asian Games 2018, hasutan-hasutan negatif terkait urusan politik masih saja bermunculan di lini masa media sosial. Tak sedikit pula yang like dan share, seolah tidak bisa dipadamkan.

Tanpa disadari, paparan konten-konten negatif serba 'nyinyir' semacam ini akan berdampak pada kesehatan jiwa. Lama-kelamaan, hasutan-hasutan semacam itu akan menjadikan kita individu yang terkontaminasi pikiran negatif.

"Ibaratkan saja seperti racun pestisida pada sayur ataupun buah, sekali dua kali masih belum terasa dampaknya. Jika terus menerus dikonsumsi maka akan ada efek jangka panjangnya," ujar Bona Sardo, Psikolog RS Mitra Keluarga Depok, kepada detikHealth, Senin (27/8/2018).



"Efek dari seringnya terserang pikiran negatif yaitu mudah terbawa, jadinya akan mengutarakan kalimat bernuansa negatif dan sulit memandang hal-hal positif," tambahnya.

Tidak berinteraksi dengan lingkungan sosial terlebih dunia maya, menurut Bona, bukanlah salah satu solusi agar terlepas dari pikiran negatif.

"Yang harus kita lakukan sebagai netizen adalah mengontrol jempol kita. Malahan kalau menutup diri dari dunia sosial itu ya aneh, soalnya kan memang pada saat ini interaksinya memang seperti itu," tutupnya.



Saksikan juga video 'Apa Ciri-ciri Pertemanan Sehat?':

[Gambas:Video 20detik]

Sering Terpapar Hasutan Negatif? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Jiwa
(up/up)
News Feed