Selasa, 28 Agu 2018 13:10 WIB

Kreator Chibi Maruko-chan, Momoko Sakura Meninggal Dunia Akibat Kanker Payudara

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kreator serial anime Chibi Maruko-chan, Momoko Sakura meninggal dunia akibat kanker payudara/Foto: thinkstock Kreator serial anime 'Chibi Maruko-chan', Momoko Sakura meninggal dunia akibat kanker payudara/Foto: thinkstock
Jakarta - Kabar duka datang dari dunia manga Jepang. Momoko Sakura, sang kreator manga ternama serial anime 'Chibi Maruko-chan' meninggal dunia pada 15 Agustus karena kanker payudara. Mengutip dari Japan Times, Momoko Sakura meninggal dunia di usia 53 tahun.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dirilis di situs sakuraproduction.jp, upacara pemakaman bersifat tertutup dan hanya dihadiri oleh anggota keluarga serta teman-teman dekat mendiang Sakura.

Diketahui Sakura memulai debutnya sebagai seniman manga pada tahun 1984. Manga 'Chibi Maruko-chan' sendiri berawal dari sebuah seri yang terbit di majalah bulanan Ribbon pada Agustus 1986.

Komik yang berkisah tentang perempuan bernama Maruko tersebut berhasil mengambil hati banyak orang. Tak hanya sangat terkenal di Jepang, tapi di sejumlah negara Asia. Bahkan, pada 1990, manga 'Chibi Maruko-chan' diproduksi menjadi serial anime.

Serial anime ini ditayangkan di banyak negara dan wilayah lain termasuk China, Taiwan, Hong Kong dan Vietnam. Lagu tema pertama seri ini adalah 'Odoru Ponpokorin' yang juga ngehits hingga terjual lebih dari 1,73 juta kopi.



"Saya merasa sangat sedih atas kematiannya yang begitu cepat. Namun, senyuman cerah Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar di benak pembaca mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," tulis pemimpin redaksi Ribbon, Soichi Aida, dalam sebuah pernyataan yang dipasang di website majalah tersebut.

"Terima kasih banyak untuk Ibu Momoko Sakura," tulisnya.

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Momoko Sakura sempat menulis blog pada 2 Juli lalu. Dalam postingan tersebut, ia bercerita tentang kemajuan tim sepak bola nasional Jepang di Piala Dunia FIFA di Rusia.

Menurut laporan media lokal, tim produksi telah menyatakan niat mereka untuk melanjutkan seri manga dan anime tersebut.



Saksikan juga video 'Kenali Tanda Metastase bagi Penderita Kanker':

[Gambas:Video 20detik]

(hrn/up)
News Feed