Rabu, 05 Sep 2018 11:45 WIB

RI Turut Waspada, Deretan Penyakit Ini Diprediksi Akan Jadi Pandemi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi pemberian vaksin untuk mencegak pandemi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Pandemi merupakan istilah untuk suatu penyakit yang diprediksi akan menjadi wabah. Sekitar 80 persen penyakit pandemik berasal dari hewan, atau disebut dengan zoonosis, misalnya seperti penyakit flu burung yang menelan banyak korban beberapa tahun yang lalu.

Indonesia disebut sebagai salah satu hotspot munculnya penyakit infeksi pandemik di Asia, baik yang baru maupun penyakit yang pernah ada dan kemudian muncul kembali. Sebagai tindak pencegahan, pemerintah lewat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI telah menjalin kerjasama lintas sektor serta badan-badan internasional seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Organisasi Pangan dan Agrikultur (FAO) dan USAID.

"Pandemik terutama zoonosis khususnya, di Indonesia memang sepi-sepi saja. Namun tidak berarti kita akan diam saja. Kita harus alert juga, kita harus waspada juga. Bahkan MERS-Cov juga harus kita waspadai karena banyak orang Indonesia yang pergi haji," tutur dr Sigit Priohutomo, Deputi Peningkatan Kesehatan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI di Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).



Terkait dengan implementasi pencegahan zoonosis, FAO bertugas di hulu yakni pada hewan sebagai sumber penyakit, misal vaksinasi pada hewan baik ternak maupun peliharaan. Sedangkan WHO bertugas membantu di hilir, melalui edukasi dan sosialisasi kepada manusia.

Indonesia sendiri selama 11 tahun terakhir tercatat sebanyak 168 orang meninggal dunia akibat flu burung serta kerugian ekonomi yang tidak sedikit nilainya. Selain flu burung, kemunculan kembali virus Ebola dan Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-Cov) masing-masing di Afrika dan Timur Tengah, serta deteksi virus Nipah, West Nile dan Zika di Indonesia.

Hal ini menekankan pentingnya memperkuat kapasitas untuk mencegah, mendeteksi dan merespons ancaman kesehatan hewan baru dan yang muncul kembali, dan peristiwa tumpahan (spill over) secara terus menerus dan berlanjut.

Simak Juga 'Mengunjungi Laboratorium Pengobatan Sabah SARS di Tiongkok':

[Gambas:Video 20detik]

RI Turut Waspada, Deretan Penyakit Ini Diprediksi Akan Jadi Pandemi
(frp/up)