Kamis, 06 Sep 2018 13:45 WIB

Masih Tentang Nasi Basi yang Viral, Ini Lho Tanda-tandanya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Waspada pada tanda-tanda nasi basi. Foto: iStock Waspada pada tanda-tanda nasi basi. Foto: iStock
Jakarta - Viralnya penjelasan ilmiah mengenai nasi bisa lebih cepat basi jika tidak segera diaduk setelah matang menjadi viral. Berbicara mengenai nasi basi, tidak sedikit yang tidak bisa membedakan nasi yang masih baik dengan nasi yang sudah basi.

"Aku kadang nggak tahu. Kadang ada yang nggak bau tapi sudah basi," ujar salah satu mahasiswa perguran tingi swasta di Jakarta kepada detikHealth, Kamis (6/9/2018).

Nah, nasi basi kadang membingungkan jika tidak dibarengi dengan bau yang tidak sedap. Jadi, apa saja sih tanda-tanda nasi sudah tidak layak dikonsumsi?



1. Teksturnya kering dan keras

Nasi lama-kelamaan teksturnya bisa menjadi kering dan juga keras kalau tidak dihangatkan di magic jar. Apalagi kalau dimasukkan ke dalam kulkas. Meskipun dapat membuat nasi menjadi awet, tapi dengan tekstur seperti ini membuat nasi tidak layak untuk dimakan.

2. Atau teksturnya lembek dan berair

Kita harus berhati-hati jika menemukan nasi dengan tekstur yang lembek dan berair tapi bukan seperti bubur ya, mungkin saja nasi itu sudah basi. Nasi yang mulai basi kebanyakan datang dengan tekstur seperti ini. Jika seperti ini, sebaiknya nasi dibuang saja.



3. Sudah didinginkan dan dipanaskan berulang kali

Agar lebih praktis dan lebih awet, biasanya nasi yang tidak habis akan didinginkan kemudian keesokan harinya dipanaskan. Tapi please, jangan melakukannya berulang kali. Karena proses pendinginan dan pemanasan berulang kali bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri. Aturan yang benar, hanya diperbolehkan satu kali untuk memanaskan nasi.

4. Muncul bau tidak sedap

Jika ada bau tak sedap dari nasimu, itu sudah kelas merupakan tanda bahwa nasimu basi. Jadi, jangan tunggu apa-apa lagi, segera buang nasi dengan bau tidak sedap itu.

5. Warnanya menguning

Salah satu tanda yang lain adalah ketika nasi sudah mulai menguning, tapi bukan nasi kuning ya. Nasi yang tidak lagi putih memang bisa menunjukkan bahwa kualitas beras yang tidak baik. Namun tidak dipungkiri juga bisa menjadi tanda bahwa nasi sudah basi.




(wdw/wdw)