Senin, 10 Sep 2018 14:35 WIB

Jumlah Kasusnya Meningkat, Bagaimana Cara Mendeteksi Risiko Stroke?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Stroke bisa dicegah dengan deteksi dini (Foto: Getty Images) Stroke bisa dicegah dengan deteksi dini (Foto: Getty Images)
Jakarta - Penanganan stroke memang diharapkan untuk selalu cepat karena jika terlambat sedikit saja bisa berakibat fatal. Lewat mendeteksinya gejalanya secara dini, kita bisa membantu mencegah hal tersebut dan mempercepat penangannnya. Bagaimana caranya?

Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), dr Mursyid Bustami, SpS (K), KIC, mengatakan ada deteksi dini yang bisa digunakan untuk mendiagnosa, yakni FAST dari Cincinnati Stroke Scale. FAST merupakan singkatan dari Face (lihat wajah apakah melorot atau miring), Arm (apakah lengan bisa diangkat), Speech (apakah bicaranya pelo atau cadel, atau susah berbicara) dan Time (waktu sangat berharga, harus dibawa ke rumah sakit.

Akan tetapi, dr Mursyid menyebut di Indonesia deteksi dini FAST ini dimodifikasi, yakni menjadi SEGERA KE RS atau Senyum, Gerak, Bicara, Kebas, Rabun, Sakit Kepala (atau tidak Sadar) dan tentu menyegerakan ke rumah sakit apabila melihat tanda-tanda tersebut.



"Itu yang kita sebut deteksi dini. jadi kalau ada orang yang merasa kebas tiba-tiba, atau bicaranya cadel tiba-tiba, itu tanda-tanda stroke, itu harus segera ke rumah sakit," tambah dr Mursyid kepada detikHealth, saat ditemui pada acara Asia Pacific Stroke Conference 2018 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Setibanya di rumah sakit, pasien akan segera ditangani dengan cepat, hal ini disebabkan karena otak jika dalam beberapa menit saja tidak mendapat aliran darah maka bisa rusak permanen. Kini ada terapi baru bernama trombolysis yang memberikan obat untuk menghancurkan penyumbatan dalam waktu 4,5 jam yang disebut golden period.

"Karena kita prinsipkan time is brain. Karena setiap detik, setiap menit itu sangat berguna untuk menyelamatkan otak. Time loss, brain loss, waktu hilang otak juga rusak, itulah kira-kira," pungkas dr Mursyid.

Apa sih bedanya stroke vs serangan jantung?Apa sih bedanya stroke vs serangan jantung? Foto: detikHealth





Saksikan juga video 'Hari Moekti Terkena Stroke, Kenali 5 Gejala Umumnya':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed