Kamis, 13 Sep 2018 09:12 WIB

Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Ganja

Annissa Widya Davita - detikHealth
Budidaya ganja di Kolumbia (Foto: Dok) Budidaya ganja di Kolumbia (Foto: Dok)
Jakarta - Tanda-tanda seseorang kecanduan obat terlarang bisa dikenali dari perubahan perilaku sehari-hari. Harus dipastikan lewat pemeriksaan sih memang, tapi tidak ada salahnya mengenali tanda-tanda tersebut agar bisa ditangani dengan tepat.

Jika ganja atau obat-obatan terlarang lainnya dikonsumsi terus menerus, maka penggunaannya semakin lama semakin meningkat. Kemudian, akan memberikan gejala putus zat, yaitu gangguan tidur, cemas, dan penurunan nafsu makan.

"Gangguan tidur, cemas, dan penurunan nafsu makan serta berbagai ketidaknyamanan secara fisik, merupakan salah satu tanda dari putusnya zat obat-obatan terlarang," tutur dr Hari Nugroho, dari pusat rehabilitasi UPT dan Rehabilitasi BNN, kepada detikHealth, Rabu (12/8/2018).



Meskipun lebih ringan dibandingkan dengan gejala putus zat narkoba lainnya tetap saja kecanduan ganja memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh. Gejala ini bisa saja hilang dalam waktu dua minggu, namun gejala putus zat ini bisa saja kembali terjadi.

Perubahan perilaku seperti perubahan mood, pasien menjadi lebih sensitif, dan perubahan hubungan dengan teman dan keluarga merupakan salah satu tanda yang dapat kita identifikasi sebagai orang awam. Selain itu gejala lainnya adalah, tertawa sendiri dan sikap saat jalan tidak terkoordinasi.

"Sering tertawa sendiri, jalan sempoyongan, mata tampak merah, dan memiliki gangguan dalam mengingat merupakan salah satu gelaja orang sehabis mengonsumsi ganja," tutupnya.

Dokter Hari menekankan, bahwa orang yang mengonsumsi obat-obatan terlarang, mereka secara tidak langsung memiliki alat-alat yang berhubungan dengan pemakaian narkoba. Selain itu individu tersebut menjadi boros, karena uang yang digunakan tidak terkordinasi dan habis tanpa penjelasan yang logis perihal kegunaannya.

(up/up)
News Feed