Kamis, 13 Sep 2018 12:20 WIB

Penggemar Micin? Yuk, Pilih Camilan yang Sehat Tapi Tetap Enak

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Tak bisa dipungkiri camilan dengan rasa gurih dan asin memang memberikan rasa yang nikmat serta membuat ketagihan. Misalnya keripik kentang atau singkong dengan aneka rasa seperti barbeque, jagung bakar, hingga yang kekinian seperti rasa telur asin.

Namun di samping enak, sehatkan camilan tersebut? Perlu diketahui, camilan gurih biasanya mengandung MSG atau sering dikenal dengan sebutan micin. Jika dikonsumsi berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan, salah satunya dapat memicu hipertensi.


Tidak hanya itu, makanan gurih yang mengandung micin juga dapat menyebabkan penuaan dini. Jika dikonsumsi secara berlebih dalam jangka panjang dapat mempercepat penuaan sel.

Dikutip dari DailyMail, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengharuskan MSG tetap dicantumkan pada label suatu makanan meskipun telah diklasifikasikan sebagai bahan yang aman dikonsumsi.


Hal ini dilakukan karena diterimanya banyak laporan mengenai efek samping usai mengonsumsi makanan yang ditambah MSG. Mulai dari sakit kepala, berkeringat, sesak napas, jantung berdebar, hingga mual.

Namun jika gemar mengonsumsi camilan yang gurih, pilih Fitchips yang menghadirkan keripik dengan rasa gurih, tapi tidak mengandung MSG. Keripik yang terbuat dari multigrain atau biji-bijian yang bernutrisi dan kaya serat ini aman dikonsumsi sehari-hari sebagai camilan yang praktis.



Saksikan juga video 'Ini Buktinya Makanan Sehat Juga Bisa Enak':

[Gambas:Video 20detik]

Penggemar Micin? Yuk, Pilih Camilan yang Sehat Tapi Tetap Enak
(ega/up)