Kamis, 13 Sep 2018 17:45 WIB

Laser untuk Samarkan Keriput Wajah, Samakah dengan Laser untuk Sunat?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Perawatan wajah dengan laser sedang ngetren belakangan ini (Foto: thinkstock)
Jakarta - Saat ini, banyak wanita tertarik untuk mencoba tren kecantikan yaitu laser rejuvination yang dianggap mampu meremajakan kulit dan menyamarkan keriput serta kerutan halus pada wajah.

Ngomong-ngomong soal laser, seorang bocah di Pekalongan baru-baru ini mengalami peristiwa tragis. Ujung kemaluannya terpotong saat disunat dengan laser.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bedanya laser yang digunakan untuk kecantikan atau rejuvination sama laser yang dipakai untuk sunat itu apa sih?

"Ya beda dong. Kalau laser rejuvination kan buat kecantikan," kata dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK, dokter kecantikan dari RS Pondok Indah, saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

"Laser untuk rejuvination menggunakan laser 'Q-switch ND: Yag' yang berupa sinar monokromatik yang memang khusus digunakan untuk memperbaiki masalah kulit di bagian epidermis dan dermis tanpa merusak struktur kulit," jelas dr Dewi.



Berbeda dengan laser rejuvination, laser untuk sunat menggunakan jenis laser CO2 atau electical cauter yang memang bertujuan untuk mengangkat jaringan disekitar penis yang biasa disebut sebagai kulup.

Terdapat efek samping dari penggunaan laser rejuvination seperti kemerahan pada kulit, terjadi iritasi serta bentol dan gatal-gatal. Namun efek samping yang dihasilkan tentu berbeda dari laser yang digunakan untuk sunat hingga bisa memangkas atau memotong bagian tubuh tertentu.

(up/up)