Selasa, 18 Sep 2018 14:32 WIB

Catat! Berikut Tanda-tanda Peringatan Bunuh Diri (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Pada tahun 2016, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setidaknya 793 ribu kasus bunuh diri terjadi di seluruh dunia dan akan terus meningkat. Di Indonesia, kasus bunuh diri ada sebanyak 5,2 per 100.000 penduduk.

Pencegahan bisa dilakukan dengan mengenali tanda-tandanya. Yang sayangnya, dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ dari Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa Indonesia (PDSKJI) Jakarta mengatakan banyak yang tidak mengamati atau 'ngeh' jika seseorang sebenarnya memberikan warning signs atau peringatan tersebut.

"Jadi kadang dia udah mengatakan 'oke, saya udah bosen hidup nih' 'sudah tidak semangat nih' dan lain sebagainya. tapi kita selalu sibuk menempatkan nilai diri kita dalam posisi dia harus seperti kita. Dia punya masalah, dan kita menganggap bahwa 'gue bisa kok melampaui itu, lo harus bisa dong' 'kok masalah gitu aja big deal banget?'. Jadi kita sering sibuk bukan berempati atau menempatkan diri kita pada posisi dia tapi kita memaksakan dia bahwa you're supposed to be okay," terangnya, saat acara konser amal Vintage Choir bertajuk 'Let's Do Something, Stop Suicide' di Tangerang Selatan, Minggu (16/9/2018).

Untuk menghindarinya, perhatikan delapan tanda peringatan bunuh diri berikut yang dibagikan oleh Komunitas Into The Light Indonesia:

(frp/wdw)