Sabtu, 22 Sep 2018 08:00 WIB

Ini Penyebab Bisul, Saksi Kisah Viral Dokter Berjumpa Jodoh

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Dokter yang viral karena mengisahkan perjalanan cintanya yang unik. Foto: Twitter @GiaPratamaMD Dokter yang viral karena mengisahkan perjalanan cintanya yang unik. Foto: Twitter @GiaPratamaMD
Jakarta - Baru-baru ini ramai kisah seorang dokter bertemu jodohnya yang dibagikan di media sosial. Kisah tersebut sangat unik, di mana ia menyebut menemukan jodohnya lantaran sebuah bisul di pantat.

Dituturkan dalam cuitan seorang dokter bernama Gia Pratama bahwa ia pernah menolong seorang pria yang memiliki bisul di pantatnya. Tak disangka, pria tersebut adalah ayah dari wanita yang akan dinikahinya suatu hari nanti.


Bisul merupakan suatu kondisi kesehatan yang kerap dialami oleh kita. Yang merupakan sebuah infeksi folikel rambut dan jaringan kulit sekitarnya sehingga timbul benjolan nyeri yang memiliki mata bisul atau nanah pada ujungnya dan kemerahan di kulit sekitarnya.

"Penyebab bisul adalah karena ada kuman yang masuk ke dalam folikel rambut, kemudian menimbulkan infeksi dan radang pada kulit sekitarnya," jelas Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Centre Denpasar kepada detikHealth, Jumat (21/9/2018).

Bisul biasanya ditemui di daerah manapun di tubuh yang memiliki rambut atau bulu, namun lebih dominan di daerah yang memiliki banyak lemak seperti pantat atau tengkuk, lanjut dr Darma, sapaannya.

Walau terlihat sepele dan tidak membahayakan, namun bisul berpotensi terinfeksi apabila pecah atau tergencet. Sehingga dr Darma menekankan bahwa perlu sangat hati-hati apabila muncul bisul di tubuh.

"Apabila bisul menyebar karena pemencetan dapat menyebabkan kuman masuk ke aliran darah sehingga menyebar ke seluruh tubuh, menjadi infeksi seluruh tubuh atau dikenal dengan istilah sepsis," pungkasnya.

Kocak Hingga Nyebelin, Ini Kumpulan Meme yang Nyinggung Soal Bisul:

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed