Sabtu, 22 Sep 2018 16:03 WIB

Punya Mata yang Belo dan Cantik, Anak Ini Idap Kondisi Genetik Langka

ask - detikHealth
Ilustrasi mata. Foto: thinkstock Ilustrasi mata. Foto: thinkstock
Jakarta - Karina Martinez asal Minnesota kerap mendapatkan pujian dari orang banyak yang ditujukan kepada sang anak, Mehlani, namun ia merasa kesulitan untuk merespon pujian tersebut karena kondisi ini didapatkan dari kelainan genetik.

Mata cokelat Mehlani yang terlihat besar didapatkan dari Sindrom Axenfeld-Rieger yang mempengaruhi kornea dan iris, dan glaukoma yang dapat merusak saraf mata dan mengakibatkan kebutaan akibat tekanan mata yang meningkat. Ini yang mengharuskan Mehlani menjalani operasi pada usia lima bulan.

"Aku sangat gugup memikirkan saat ia akan bersekolah pertama kali. Bagaimana jika anak-anak lain berkata jahat tentang matanya dan dia akan diolok-olok? Bagaimana jika dia mulai membenci mata cantiknya yang unik? Itu membuat aku ingin menangis memikirkannya karena dia sangat kuat, manis dan telah melalui begitu banyak hal," tulis sang ibu.



Namun balasan warganet di kolom komentar ternyata sangat menyentuh hati, banyak yang menuliskan dukungan dan semangat pada Martinez dan juga Mehlani.

"Aku siap membela kalau ada yang berkata jahat kepadanya. Dia anak perempuan yang cantik," tulis salah seorang.

"Ya, aku pikir anak-anak akan tertarik tetapi sepertinya setelah mereka tahu mengapa atau bahkan tidak -- begitu mereka sudah terbiasa, mereka tidak akan peduli. Dia akan menyesuaikan! Jangan khawatir, mama!"

Kepada Independent, Martinez mengungkap bahwa ia harus terus memantau kondisi anaknya ke dokter untuk memastikan tekanan pada matanya bisa diturunkan. Jika meningkat lagi, dikhawatirkan akan merusak saraf penglihatannya.

Mata Mehlani juga sensitif terhadap cahaya, sehingga ia harus mengenakan kacamata saat ia pergi ke luar rumah. Tetap semangat ya, Mehlani.

(ask/up)
News Feed