Rabu, 26 Sep 2018 10:38 WIB

Hati-hati Makanan dan Kebiasaan Ini Bisa Memperparah Mag

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Seseorang yang punya riwayat mag harus berhati-hati jika mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Beberapa makanan dan minuman bisa memperparah mag.

Selain itu, kebiasaan telat makan juga akan memperparah mag. Dianjurkan makan minimal dua hingga tiga jam sebelum tidur untuk mengurangi kemungkinan asam lambung tidak naik ke tenggorokan.

Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, memaparkan bahwa produksi asam lambung terjadi terus menerus dan meningkat jika ada makanan, sehingga secara otomatis pada setiap jam makan asam lambung akan diproduksi lebih banyak.


"Jika tidak ada makanan yang harus diproses karena terlambat makan misalnya, maka kelebihan asam lambung ini akan mengakibatkan gejala sakit mag," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Jumat (14/9/2018).

Beberapa makanan juga dapat memperparah mag. Misalnya jeruk, lemon, dan minuman soda bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada lambung. dr. Helmin menjelaskan sakit mag timbul karena meningkatnya asam lambung sehingga jika ditambahkan asam dan soda akan mengakibatkan gejala maag akan semakin berat.

Makanan pedas, berlemak, dan yang digoreng juga harus dihindari karena bisa menganggu pencernaan. Makanan pedas, lanjut dr. Helmin, dapat merangsang produksi asam dan bersifat iritatif terhadap lambung. Hal ini akan memperparah kondisi apabila lambungnya sudah ada luka.

Sementara makanan berlemak dan digoreng akan mengalami pencernaan yang lebih lambat sehingga akan memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung untuk membantu mencernakannya.

Bagi yang gemar mengonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi juga harus berhati-hati karena bisa merangsang saluran pencernaan. Kopi mengandung kafein dan zat lain yang diduga berperan dalam merangsang meningkatnya produksi asam sehingga akan memperparah sakit mag terutama bagi orang yang lambungnya sensitif.


Agar asam lambung tidak meningkat, atur pola makan sesuai jadwal. Lalu hindari jenis makanan atau minuman yang merangsang produksi asam lambung, makanan yang sulit dicerna, dan yang bersifat iritatif terhadap lambung.

Selain itu, manajemen stres yang baik juga dapat mencegah meningkatnya asam lambung. Jika mulai timbul gejala mag seperti perih, mual, dan nyeri kembung, atasi dengan Promag. Kandungan hydrotalcite bias bekerja cepat mengatasi mag dan melindungi lapisan dinding lambung lebih lama.


Saksikan juga video 'Ini 4 Makanan Sehat Bagi Penderita Maag':

[Gambas:Video 20detik]

(ega/up)
News Feed