Rabu, 26 Sep 2018 10:56 WIB

Model dengan 3 Payudara di Milan Fashion Week, Adakah di Kehidupan Nyata?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Model berpayudara tiga di Milan Fashion Week. Foto: Getty Images Model berpayudara tiga di Milan Fashion Week. Foto: Getty Images
Jakarta - Penampilan model dengan tiga payudara di Milan Fashion Week 2018 mencuri banyak perhatian. Model ini terlihat seperti karakter terkenal di film 'Total Recall'.

Tiga payudara ini bukan asli, melainkan terbuat dari bahan prosthetic yang dipakai di tengah payudara asli mereka. Mungkinkah dalam dunia medis ada kondisi wanita dengan tiga payudara?

Jawabannya, iya. Kondisi tersebut disebut polymastia yang jika diartikan 'payudara banyak'. Kondisi ini juga disebut supernumerary breasts atau mammae erraticae.

Dikutip dari NBC News, kondisi ini memiliki jaringan payudara ekstra yang dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari ada tiga puting hingga ada tiga payudara dengan bentuk sempurna dan berfungsi dengan baik.



Bahkan ada tiga puting tetapi tidak ada areola (daerah gelap di sekitar puting). Ada pula payudara dengan areola tetapi tidak ada putingnya, atau hanya benjolan kecil.

Dikutip dari The American Surgeon, sekitar 6 persen dari populasi umum memiliki kondisi polymastia ini, meskipun umumnya salah didiagnosis sebagai lipoma atau tumor jinak yang terdiri dari sel-sel lemak.

Dalam beberapa kasus, payudara polymastia ini dapat didiagnosis dengan kanker payudara. Wanita melaporkan tingkat polymastia yang jauh lebih tinggi daripada pria, tetapi ada beberapa kasus pria yang dilaporkan dengan jaringan payudara ekstra.

Menurut Dr Anne Burdick, seorang profesor dermatologi University of Miami, Miller School of Medicine, lokasi paling umum dari payudara ketiga ini ada di bagian dekat ketiak.

"Jaringan payudara ekstra biasanya di satu ketiak atau yang lain, tetapi bisa juga ada di area lain, termasuk bagian tengah dada, tulang dada, punggung, atau bahkan di daerah genital," katanya.




Saksikan juga video 'Ini Cara Implan Payudara yang Aman':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed