Rabu, 26 Sep 2018 12:25 WIB

Diperkirakan 6 Persen Wanita Punya Tiga Payudara, Siapakah Mereka?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Model tiga payudara di Milan Fashion Week. Foto: Andreas Rentz/Getty Images Model tiga payudara di Milan Fashion Week. Foto: Andreas Rentz/Getty Images
Jakarta - Banyak diperbincangkan, model dengan tiga payudara buatan di Milan Fashion Week 2018 ternyata dalam kehidupan nyata memang ada. Kondisi ini disebut polymastia, supernumerary breasts atau mammae erraticae.

Berdasarkan data dari penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ Case Reports), ada sekitar 2-6 persen dari populasi wanita yang memiliki kondisi polymastia, yaitu memiliki tiga payudara.

Tingkat kejadian cukup bervariasi berdasarkan etnis. Kisaran terendah kondisi polymastia terjadi pada etnis Kaukasia, yaitu Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan dan India Utara sebanyak 0,6 persen. Sedangkan kejadian tertinggi pada wanita Jepang sebesar 5 persen.



Bukan hanya terjadi pada wanita, polymastia juga terjadi pada pria. Ini terjadi sekitar 1-3 persen populasi pria. Karena jarang sekali ditemukan, belum ada data mengenai dari etnis mana yang paling terbanyak memiliki kondisi ini.

Disebut gejalanya bisa terjadi sebelum pubertas, seperti nyeri di daerah yang munculnya payudara ekstra, penebalan aksila (ketiak), gerak bahu terbatas, dan iritasi. Jaringan payudara ekstra ini juga bisa berkembang selama periode bersamaan dengan pertumbuhan payudara normal.

Kondisi dengan jaringan payudara ekstra ini dapat muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari ada tiga puting hingga ada tiga payudara dengan bentuk sempurna dan berfungsi dengan baik.




(wdw/up)
News Feed