Rabu, 26 Sep 2018 16:20 WIB

Angetin Nasi di Rice Cooker, Keracunan? Peneliti IPB: Tidak Ada Data

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Secara umum, terlalu sering memanaskan makanan tidak dianjurkan (Foto: iStock) Secara umum, terlalu sering memanaskan makanan tidak dianjurkan (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah pesan berantai sempat viral, mengabarkan bahwa nasi yang terlalu lama dihangatkan dengan rice cooker bisa menyebabkan keracunan dan penyakit berbahaya. Ahli pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Harsi Dewantari Kusumaningrum, menyampaikan tanggapannya.

Menurut Prof Harsi, belum ada data yang mendukung informasi tersebut. Yang jelas, memanaskan makanan terlalu sering memang tidak dianjurkan.

"Data memang belum dikumpulkan dengan rinci mengenai nasi di rice cooker ini menyebabkan keracunan atau tidak," jelas Prof Harsi, Rabu (26/9/2018).



Lebih lanjut, Prof Harsi menjelaskan bahwa makanan yang dipanaskan pada suhu lebih dari 60 derajat, bakteri-bakteri penyebab penyakit tidak bisa berkembang biak.

"Selama beras dicuci dengan baik dan bersih serta suhu pada rice cooker diatas suhu 60 derarajat celcius, bakteri tidak bisa tumbuh jadi tidak terjadi kontaminasi pada nasi," ungkapnya.

Sebagai tambahan, beliau menambahkan bahwa faktor pemicu keracunan pada pangan adalah cara menyimpan makanan yang kurang tepat. Disarankan untuk tidak menyimpan makanan selama lebih dari dua jam pada suhu ruangan dan tidak memanaskan makanan berkali-kali.

(up/up)
News Feed