Rabu, 26 Sep 2018 19:00 WIB

Demi Ilmu Pengetahuan, 16 Mahasiswa Kedokteran Ini Minum Darah Sendiri

Firdaus Anwar - detikHealth
Demi melengkapi penelitian, 16 mahasiswa meminum darahnya sendiri. Foto: thinkstock Demi melengkapi penelitian, 16 mahasiswa meminum darahnya sendiri. Foto: thinkstock
Jakarta - Dalam sebuah studi terbaru yang dipublikasi di United European Gastroenterology Journal, 16 mahasiswa kedokteran dari Swiss melakukan eksperimen meminum darahnya sendiri. Tujuannya untuk membuktikan kelemahan metode diagnosa penyakit radang usus yang selama ini sering digunakan.

Pemimpin studi dr Stephan Vavricka mengatakan untuk mendiagnosa penyakit radang usus atau yang lebih langka seperti penyakit Crohn biasanya dokter akan mencari protein bernama calprotectin dalam sampel feses. Hanya saja metode ini disebut punya kelemahan karena calprotectin bisa juga muncul pada kasus perdarahan usus.


Untuk membuktikannya 16 mahasiswa kedokteran yang berpartisipasi dalam studi meminum sekitar 400 mililiter darah mereka sendiri. Ada yang meminumnya langsung ada juga yang menggunakan selang nasogastric agar darah langsung sampai ke perut.

"Sebelum mulai studi ini, kami tidak begitu yakin berapa banyak darah yang harus ada di usus agar kamu bisa positif memiliki calprotectin," kata dr Stephan seperti dikutip dari Live Science, Rabu (26/9/2018).

Setelah meminum darah setengah partisipan melaporkan gejala sakit perut dan mual, sementara seperempatnya mengalami diare atau konstipasi. Semua partisipan melaporkan bahwa fesesnya jadi lebih hitam, tanda umum bahwa ada darah di saluran cerna.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa setelah minum darah sekitar 63 persen sampel feses positif mengandung calprotectin. Namun peneliti tidak melihat kandungan calprotectin dalam feses mencapai tingkat 200 mikrogram per gram yang biasa ada pada kasus radang usus.

Menurut peneliti ini artinya dokter-dokter mulai perlu mempertimbangkan tingkat calprotectin dalam konteks diagnosa radang usus. Calprotectin yang rendah bisa jadi tanda penyakit lain seperti perdarahan usus.

(fds/ask)
News Feed