Kamis, 27 Sep 2018 15:10 WIB

Berlebihan Pakai Earphone, Apa Sih Dampak Sebenarnya? Ini Kata Dokter THT

Christantio Utama - detikHealth
Pakai earphone, bahaya nggak sih? (Foto: iStock) Pakai earphone, bahaya nggak sih? (Foto: iStock)
Jakarta - Pakar kesehatan mengatakan bahwa mendengarkan musik dengan earphone dari ponsel yang sedang di-charge tidak memicu perdarahan di telinga, atau bahkan kematian. Tetapi bukan berarti tidak ada dampak sama sekali, terlebih jika dilakukan berlebihan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mendengarkan musik menggunakan earphone memang menyenangkan. Tapi kalau dilakukan terus menerus, bisa berdampak buruk bagi telinga.

"Salah satu dampak mendengarkan earphone adalah merusak koklea atau rumah siput di bagian dalam telinga. Biasanya kalau berdenging itu," kata dr Fikry Hamdan Yasin, Sp.THT-KL(K) dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, saat dihubungi detikHealth, Kamis (27/9/2018).



Tiduran sambil dengerin musik di earphone memang asyik.Tiduran sambil dengerin musik di earphone memang asyik. Foto: iStock


Selain berdampak pada rumah siput, menggunakan earphone secara berlebihan juga berisiko merusak bagian tengah rongga telinga yakni gendang telinga. Volume earphone yang terlalu keras atau pemakaian terlalu lama bisa membuat gendang telinga sobek dan mengganggu pendengaran.

Dampak lain yang tidak boleh diremehkan adalah masuknya kotoran ke dalam rongga telinga karena terdorong. Akibatnya terjadi penumpukan di area yang lebih dalam.

Nah, sudah tahu kan dampaknya? Mulai sekarang jangan berlebihan pakai earphone ya, sewajarnya saja.

(up/up)
News Feed