Jumat, 28 Sep 2018 12:30 WIB

Cegah Tertular HIV Saat Facial, Ahli Hematologi Sarankan Pilih-Pilih Salon

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Walau risikonya sangat kecil, HIV bisa juga menular lewat facial yang tidak higienis (Foto: iStock) Walau risikonya sangat kecil, HIV bisa juga menular lewat facial yang tidak higienis (Foto: iStock)
Jakarta - Semua wanita pasti ingin terlihat flawless dan menawan. Karenanya, banyak dari kaum hawa yang mengunjungi salon atau klinik kecantikan untuk melakukan perawatan setiap bulannya.

Baru-baru ini, beredar kabar mengenai seorang wanita yang terular infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) setelah melakukan treatment facial.

"Penularan HIV melalui jarum suntik resikonya memang ada, untuk facial kasusnya jarang tapi masih memungkinkan untuk terjadi," tutur dokter hematologi, Prof DR Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM(K) saat ditemui di sela-sela Seminar Kesehatan PMI, belum lama ini.



Menurutnya, masyarakat sebagai penerima jasa juga harus lebih berhati-hati dan waspada agar kejadian serupa tidak berulang.

"Harus ada sertifikatnya, kliniknya bersih ga. Kalau bisa, sertifikatnya ditempelin biar jelas," imbau Prof Zubairi

"Penggunaan alat disposible (sekali pakai) juga disarankan. Walau mungkin agak mahal tapi bisa menurunkan risiko" lanjutnya.

Jadi, nggak ada salahnya kamu merogoh kocek lebih dalam untuk datang ke klinik yang sudah memiliki sertifikat keahlian agar terhindar dari infeksi akibat penggunaan alat yang tidak steril.





Tonton juga 'Virus HIV Bisa Dihambat Sama Obat ARV':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)