Minggu, 30 Sep 2018 07:46 WIB

Sering Terjadi Saat Bangun Tidur, Kenapa Mata Bisa Belekan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bangun tidur mata belekan (Foto: iStock)
Jakarta - Pagi-pagi saat bangun tidur, biasanya kucek mata terus nemuin kotoran di sela-sela mata. Seringkali orang jadi risih karena menanggap kotoran mata atau 'belek' itu jorok. Padahal menurut dokter, itu wajar-wajar aja lho.

"Di ujung mata itu ada pompa saluran air mata. Jadi, kotoran mata atau 'belek' itu normal karena ada produksinya," ujar ahli kesehatan mata, dr Nashrul Ihsan, SpM saat ditemui di Jakarta Eye Center Kedoya, Sabtu (29/9/2018).

Menurutnya pompa saluran air mata ditujukan untuk menyedot air yang ada di ujung mata saat manusia berkedip. Ketika tidur, mata tidak berkedip sehingga cairan mata akan menjadi kental yang memunculkan kotoran mata.

"Kalau bangun tidur saja dan hanya sedikit belek dengan keadaan mata tidak merah itu sebenarnya normal. Dikatakan ga normal ketika kotoran matanya lengket sampai nggak bisa buka mata," tambahnya.



Lebih lanjut, dr Nashrul juga menyarankan untuk tidak menggosok mata dengan keras apabila ingin menghilangkan kotoran mata yang ada. Cukup sekali usapan atau menggunakan cotton bud yang kering maupun basah.

Jika sering menggosok mata dengan keras, biasanya kotoran akan lebih banyak dan menumpuk hingga menimbulkan rasa gatal yang mampu memicu terjadinya infeksi pada kornea mata. Karena itu, kamu tidak usah mengeluarkan tenaga ekstra ya kalau mau kucek-kucek mata!

(up/up)