Minggu, 30 Sep 2018 17:11 WIB

Waduh! Katarak Juga Bisa Menyerang Usia Produktif, Kenali Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pemeriksaan mata (Foto: thinkstock) Ilustrasi pemeriksaan mata (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kondisi kesehatan seseorang bisa dicerminkan dari kesehatan mata mereka. Dengan memiliki penglihatan yang baik, kita akan bisa menjalani hari-hari dengan produktif dan penuh semangat.

Survey di Australia menyebutkan bahwa kebutaan dan kanker adalah dua kondisi kesehatan yang paling ditakuti di dunia. Seseorang yang mengalami gangguan penglihatan maka produktivitas mereka menurun yang menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia. Menurut ahli kesehatan mata, dr Tjahjono D. Gundhowiarjo,SpM, PhD, masalah kesehatan mata merupakan masalah sosial dan perlu aksi dari masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut.

"Gangguan penglihatan memungkinkan penderitanya mengalami kehilangan pekerjaan, kecelakaan, depresi sampai gangguan kecemasan yang tinggi," ujarnya saat ditemui di Jakarta Eye Center Kedoya, belum lama ini.

Penyebab kebutaan yang menempati posisi paling tinggi di Indonesia adalah katarak sebesar 75 persen. Sebagian besar kasus katarak disebabkan oleh proses aging yang diidap oleh lansia berusia 60 tahun keatas, namun saat ini katarak juga bisa menyerang usia 30-40 tahun.



Menurut dr Tjahjono, kondisi yang bisa menyebabkan katarak bisa menyerang usia produktif yaitu paparan sinar matahari secara terus menerus,kurangnya konsumsi makanan bergizi, adanya penyakit lain seperti diabetes, mengonsumsi obat-obatan, dan seringnya melihat layar handphone.

"Memang ya sekarang sulit sekali untuk tidak pegang handphone, sudah jadi kebiasaan. Mau tidur juga lihat hp dulu, jadi ketika bangun mata tetap terasa berat. Usahakan untuk menyimpan hp minimal tiga puluh menit sampai sejam jadi mata juga bisa istirahat," lanjutnya.

Lebih dari 80 persen gangguan penglihatan dapat dicegah dengan penanganan dini. Hal lain yang perlu diperhatikan bahwa tidak hanya wortel, ternyata buah dan sayuran yang berwarna hijau bisa dikonsumsi untuk menghindari katarak dini yang mampu menyebabkan kebutaan. Jadi, jangan malas makan sayur dan buah setiap hari ya!

(up/up)
News Feed