Senin, 01 Okt 2018 11:04 WIB

Cara Atasi Badan Cepat Lelah dan Pegal karena Faktor Usia

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Usia memang tidak pernah bohong. Jika saat ini sedang menginjak usia 30-an, tak jarang tubuh terasa cepat lelah. Padahal aktivitas yang dilakukan sehari-hari pin tidak terlalu berat. Berbeda jika dibandingkan saat usia 20-1n, melakukan aktivitas yang dua kali lebih berat justru tidak merasa lelah.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, mengungkapkan seseorang dikatakan mulai menua ketika berusia 30-an. Gejala yang dialami biasanya lebih mudah lelah, gampang pegal linu, tubuh terasa kaku, sering merasa tidak enak badan, dan mudah sakit.

Jika tanda-tanda tersebut sudah mulai dirasakan, tandanya gejala awal penuaan terjadi di dalam tubuh. Kira-kira kenapa saat usia 30-an tubuh jadi mudah capek, lelah, dan pegal?

dr. Ervina menjelaskan hal tersebut bisa terjadi karena adanya penurunan massa otot dan meningkatnya lemak dalam tubuh. Inilah yang membuat massa otot bekerja lebih keras dari biasanya dan membuat tubuh mudah lelah. Ketika beraktivitas, tubuh akan mudah lelah.


Namun, dr. Ervina juga menegaskan ada faktor lainnya yang mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lebih mudah lelah dan pegal. Salah satunya adalah kurangnya asupan nutrisi harian.

"Asupan nutrisi harian yang kurang lengkap dan tidak seimbang memicu terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh. Harus ingat bahwa kebutuhan nutrisi orang dewasa bukan hanya kalsium saja," ujar dr Ervina kepada detikHealth, Kamis (27/9/2018).

dr. Ervina mengatakan dengan mengetahui apa saja faktor pemicu penuaan, maka kita dapat mengambil langkah pencegahan. Caranya adalah dengan mengurangi merokok dan minuman beralkohol, rutin berolahraga, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian secara lengkap dan seimbang.

Demi memenuhi asupan yang lengkap dan seimbang, minum susu Entrasol dengan ragam kandungan formula lengkap untuk orang dewasa. Susu ini mengandung buah zaitun yang berfungsi membantu mengatasi nyeri sendi, menjaga daya tahan tubuh, dan memperlambat proses penuaan dini.



(idr/up)
News Feed