Selasa, 02 Okt 2018 16:00 WIB

Ratna Sarumpaet Dikabarkan Dianiaya, Bisakah Picu Trauma Psikis?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Aktivis Ratna Sarumpaet dikabarkan mengalami penganiayaan (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Dikabarkan dianiaya oleh sekelompok orang tak dikenal di Bandung, aktivis Ratna Sarumpaet disebut mengalami trauma. Menurut koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, ia juga tidak berkenan foto-fotonya setelah dianiaya pada 21 September lalu itu disebarkan.

"Mbak Ratna juga tidak berkenan fotonya disebarkan. Beliau trauma, anaknya trauma, bahkan kena stroke," ujar koordinator jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada detikcom, Selasa (2/10/2018).



Penyalahgunaan Zat dan Administrasi Layanan Kesehatan Mental (SAMHSA) Amerika Serikat mendefinisikan kekerasan fisik sebagai usaha nyata atau disengaja untuk membuat fisik seseorang sakit baik menggunakan alat ataupun tidak. Kekerasan fisik dapat menjadi traumatis dan memberikan beban berat pada seseorang, bahkan sekitarnya.

"Bagaimana seseorang merespon pengalaman traumatis berbeda-beda. Jika ada pendukung yang kuat, tidak ada atau kecilnya pengalaman traumatis setelahnya, dan jika seseorang tersebut memiliki kemampuan bertahan, tidak akan mempengaruhi kesehatan mentalnya," tulis situs resmi SAMHSA.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa pengalaman traumatis dapat terkait baik dengan perilaku kesehatan dan kondisi kesehatan fisik kronis, apalagi jika terjadi pada saat masa kanak-kanak. Misalnya seperti depresi, kecemasan atau post-traumatic stress disorder (PTSD) atau gangguan stres pasca trauma atau perilaku berbahaya seperti melukai diri sendiri.

Hal tersebut nantinya akan berdampak besar pada hubungan, karir dan beberapa aspek dalam kehidupan seseorang yang mengalami kekerasan fisik, apalagi jika belum menjalani penyembuhan. Di sisi lain, pengalaman traumatis ini juga bisa berkontribusi pada penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.





Tonton juga 'Ratna Sarumpaet Dianiaya Sekelompok Orang':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)