Rabu, 03 Okt 2018 11:17 WIB

Wajah Bengkak Sehabis Operasi Plastik, Apa Sih Penyebabnya?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi bedah (Foto: thinkstock)
Jakarta - Prosedur bedah plastik sedang jadi perbincangan menyusul kabar dugaan penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet, yang belakangan berbelok jadi kabar dugaan lebam akibat operasi plastik. Bagaimanapun, tindakan operasi plastik memang bisa menyisakan 'efek samping' bagi penampilan.

Salah satu prosedur dalam operasi platik adalah facelift yang bertujuan mengencangkan kulit muka dan leher. Meski menghasilkan wajah yang menolak tua, tampilan facelift usai operasi memang bikin bergidik. Seluruh wajah dibungkus perban tampak merah dan bengkak, seperti bekas cidera.

Tampilan yang sangat tidak menarik usai facelift adalah hal yang wajar. Dikutip dari zwifel.com, pasien juga akan merasa pusing, letih, dan tidak bisa banyak bergerak. Pasien biasanya baru bisa bergerak sendiri saat penyembuhan di hari kedua.

"Pasien sangat perlu bantuan di hari pertama usai operasi supaya tidak jatuh karena pusing dan lemah," kata dokter bedah plastik Jonathan Kaplan, dikutip dari situs tersebut, Rabu (3/10/2018).



Pasien makin bebas bergerak di hari ketiga meski bengkak di wajah dan rasa tidak nyaman masih berlanjut. Dokter biasanya mengharuskan pasien kontrol di hari keempat, sekaligus melepas perban dan jahitan. Pasien selanjutnya menggunakan compression garment untuk memperbaiki penampilan. Di hari kelima dan keenam, bengkak mulai kempes dan pasien bisa tidur telentang meski masih terasa kaku di leher.

Memasuki minggu kedua, tampilan makin baik dengan bekas operasi yang mulai halus. Bengkak mungkin masih terlihat di wajah, leher, dan sekitar mata. Pasien sebaiknya jangan menghindari kegiatan berintensitas tinggi terutama bila masih merasa mati rasa, pusing, kaku, dan terbakar. Pasien juga harus tidur dengan kepala diangkat untuk mengatasi kondisi ini. Saran lainnya adalah rutin kontrol, mencukupi kebutuhan nutrisi, dan menjaga kebersihan untuk mempercepat pemulihan.

Bekas luka yang makin halus menjadikan penampilan sempurna di minggu ketiga dan keempat. Pasien juga mulai bisa mengaplikasikan make up dan mewarnai rambut. Secara keseluruhan, pasien facelift mulai pulih pada hari kelima hingga tujuh usia operasi. Namun, rasa percaya diri tampil di publik baru kembali setelah 10-14 hari usai operasi.

(up/up)