Rabu, 03 Okt 2018 22:15 WIB

Bengkak Setelah Operasi Plastik, Normalkah? Dokter Bedah Menjawabnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ratna Sarumpaet mengaku menjalani prosedur operasi plastik (Foto: Agung Pambudhy) Ratna Sarumpaet mengaku menjalani prosedur operasi plastik (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Drama bengkak di wajah Ratna Sarumpaet kini telah terjawab apa penyebabnya. Yaitu karena prosedur bedah plastik yang ia jalani.

Berbicara pembengkakan yang terjadi setelah menjalani operasi plastik, wajarkah itu terjadi?

Menurut ahli bedah plastik, dr Irena Sakura Rini, MARS, SpBP-RE(K) hal itu adalah hal yang wajar terjadi. Pembengkakan setelah prosedur bedah adalah hal alamiah.

"Biasanya prosedur pembedahanan secara alamiah biasanya dia akan bengkak, tetapi bengkak yang wajar. Jadi tidak usah khawatir kalau habis operasi nanti bengkak, nanti bengep, itu tergantung dari prosedur masing-masing yang menjalani," ujarnya saat ditemui di Beyoutiful Aesthetic Clinic, Jl Pakubuwono, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).



dr Irena mengatakan bahwa bengkak yang dialami orang setelah oplas tidak menyeramkan. Tetapi, tidak semua orang yang menjalani prosedur bedah plastik lantas mengalami pembengkakan.

Dokter sudah bisa memprediksi bengkak yang akan dialami pasien, dan memberikan arahan serta obat untuk membuat bengkak tersebut tidak semakin parah.

"Biasanya dokter akan memberikan suatu arahan dan edukasi," tutupnya.




Simak video Mereka Termakan Dusta Ratna Sarumpaet, Meresahkan Warga

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed