Jumat, 05 Okt 2018 11:15 WIB

Mengenal Kanker Prostat, Penyakit yang Diidap Rudy Wowor

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rudy Wowor mengidap kanker prostat (Rachman/detikHOT) Rudy Wowor mengidap kanker prostat (Rachman/detikHOT)
Jakarta - Rudolf Canesius Soemolang Wowor atau lebih akrab disapa Rudy Wowor berpulang pada usia 74 tahun. Sebelumnya, Rudy dikabarkan sempat dirawat di salah satu rumah sakit daerah Jakarta karena penyakit kanker prostat yang diidapnya.

Kanker prostat masuk pada daftar penyebab kematian terbesar kedua pada pria. Menurut data WHO, diperkirakan 1,1 juta pria di dunia didiagnosis kanker prostat. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan bahwa prevalensi kanker prostat di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 25.012 pasien.

Dikutip dari Mayoclinic, kanker prostat adalah jenis kanker yang menyerang daerah prostat yang berada di bawah kandung kemih. Biasanya, penyebaran kanker ini cenderung lambat yang tidak akan menimbulkan efek yang serius. Namun terdapat juga jenis kanker prostat yang menyebar dengan cepat dan bisa mengakibatkan kematian.



Pada tahap awal, kanker prostat mungkin tidak menunjukkan gelaja khas sehingga tidak terdeteksi. Gejala lanjutan yang akan dialami oleh penderita yaitu kesulitan buang air kecil, terdapat darah di mani, rasa tidak nyaman di daerah panggul hingga disfungsi ereksi.

Sampai saat ini, penyebab kanker prostat masih belum diketahui dengan pasti. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin meningkatkan risiko kanker prostat seperti usia lanjut hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu peka terhadap gejala-gejala kanker ini. Selain itu, jangan lupa untuk selalu konsumsi buah dan sayur, serta berolahraga secara teratur agar terhindar dari berbagai macam penyakit.




Simak video Rudy Wowor Meninggal Akibat Kanker Prostat (up/up)